Dukung Kemajuan UMKM, Perbankan Terlibat Program Karya Kreatif Indonesia–Eksotisme Lombok 

Peluncuran karya kreatif Indonesia secara virtual dihadiri oleh sejumlah petinggi perbankan dan menteri. (Inside Lombok/Istimewa)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Semua pihak turut terlibat dalam memajukan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Termasuk perbankan.

Salah satunya BCA yang kembali mendukung penyelenggaraan program pemerintah bertajuk Karya Kreatif Indonesia – Eksotisme Lombok.

“Ini dalam rangka mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia yang kali ini difokuskan untuk UMKM unggulan Provinsi NTB,” kata Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dalam siaran pers yang diterima Inside Lombok, Jumat (5/3/2021).

Seremoni peluncuran Karya Kreatif Indonesia – Eksotisme Lombok dipusatkan di Pantai Mandalika. Turut hadir Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut B Pandjaitan, Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G Plate.

Hadir pula Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Teten Masduki, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Gubernur NTB Zulkieflimansyah, Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja dan EVP Transaction Banking Business Development BCA I Ketut Alam Wangsawijaya.

Semuanya hadir secara virtual. Sementara itu Kepala BCA KCU Cakranegara-Mataram Indrawanto Sahama dan 50 pelaku UMKM unggulan NTB menghadiri secara langsung acara tersebut dengan tetap mematuhi protokol kesehatan pada Rabu (3/3).

“BCA bangga dapat menjadi bagian dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia 2021,” jelasnya.

Hal ini sejalan dengan komitmen BCA dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional, khususnya melalui sektor UMKM. Pihaknya berharap gerakan ini dapat mendorong masyarakat untuk makin mencintai, mengembangkan, dan meningkatkan nilai tambah produk lokal.

“Kita harus bangga dengan buatan Indonesia,” ujar Jahja.

Program yang diprakarsai Bank Indonesia kali ini mengangkat tema Karya Kreatif Indonesia – Eksotisme Lombok. BCA turut menyukseskan rangkaian kegiatan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia.

Dengan melakukan pelatihan dan pendampingan kepada 20 UMKM unggulan di wilayah NTB. Ini untuk bergabung di program Bangga Lokal, serta membantu program pemasaran melalui situs e-commerce dengan memberikan potongan harga. Tak ketinggalan, BCA pun memberikan sarana promosi bagi UKM di kantor cabang BCA di wilayah NTB.

Sejalan dengan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia, BCA telah mengembangkan program Bangga Lokal di akhir tahun 2020. Program Bangga Lokal telah menghimpun lebih dari 200 merchant yang terdiri dari merchant kesehatan & kecantikan, fashion, makanan dan minuman serta hobi dan aktivitas.

“Program Bangga Lokal pun akan terus berlanjut di tahun 2021dengan membawa brand-brand lokal lainnya,” terangnya.

Secara kongkret, BCA melakukan pendampingan UKM dengan cara membantu mengkurasi produk-produk UKM. Sehingga dapat diangkat melalui program promosi dan komunikasi. Jadi dapat meningkatkan awareness dan penjualan.

Termasuk membantu proses persiapan UMKM untuk on-boarding dalam e-commerce. Maupun platform penjualan berbasis digital yang memudahkan konsumen mengakses produk UMKM. Sehingga membantu proses pengembangan Bisnis melalui fasilitas kredit bagi yang memenuhi syarat dan infrastruktur pembayaran elektronik (QRIS dan EDC).

BCA berharap rangkaian Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dapat memberikan dampak positif. Tidak hanya kepada BCA tapi bagi masyarakat Indonesia.

“Semoga program ini dapat mendorong kebangkitan produk lokal Indonesia,” kata dia.