Gelar Fashion Carnaval, Bupati Loteng: Jangan Berhenti Lestarikan Budaya

Mandalika Street Fashion Carnaval 2021, Jumat (18/2). (Inside Lombok/ Fahri)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Fashion Carnaval digelar Pemda Lombok Tengah (Loteng), Jumat (18/2/2022) di halaman Kantor Bupati Loteng. Kegiatan untuk menyambut event Bau Nyale 2022 ini berlangsung semarak meski di tengah pandemi Covid-19.

Bupati Lombok Tengah, H. Lalu Pathul Bahri dalam sambutannya meminta agar semua masyarakat Lombok Tengah untuk tidak berhenti melestarikan budaya Sasak yang ada di Lombok Tengah.

“Orang tua kita telah memberikan kepada kita semua akan putri yang begitu cantik dan menjadi Putri Mandalika. Kalau berhenti lakukan seperti ini, maka tahun-tahun berikutnya kita pasti lupa,” katanya.

Menurutnya, carnaval tersebut menunjukkan jati diri masyarakat Loteng yang antusias memberikan yang terbaik bagi dunia internasional. Untuk itu Pemda Loteng menggelar berbagai atraksi budaya di beberapa lokasi untuk menyambut Bau Nyale. Antara lain pemilihan Putri Mandalika, peresean di pantai Senek Kuta Mandalika dan juga fashion carnaval.

Sebelumnya, diagendakan juga perayaan malam puncak Bau Nyale dengan pentas dari artis ibukota. Akan tetapi, rencana itu dibatalkan untuk menghindari massa yang membludak memadati area event nantinya.

“Kalau saja artis itu kita adakan di malam puncak Bau Nyale, maka akan ada kerumunan massa yang banyak. Sehingga kegiatan itu tidak dilakukan,” katanya. (fhr)