Intensitas Hujan Tinggi, Sejumlah Lokasi di Pulau Lombok Banjir

Penanganan korban banjir di Lombok Barat Senin (6/12). (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) – Intensitas hujan yang tinggi menyebabkan beberapa daerah terendam banjir. Pemerintah Provinsi NTB bersama Pemda Kabupaten/Kota mengevakuasi warga terdampak banjir yang terjadi dibeberapa titik di NTB.

Kepala Pelaksana BPBD Provinsi NTB, H. Sahdan menyampaikan bahwa saat ini Pemerintah telah bertindak cepat dengan menurunkan Tim Reaksi Cepat (TRC) di titik banjir.

“Tim TRC BPBD Provinsi NTB bersama TRC Kab/kota sedang melakukan evakuasi ke lokasi bencana Gunungsari dan sekitarnya,” jelas Kalak BPBD, Senin (06/12).

Selain itu, BPBD NTB juga telah berkoordinasi dengan seluruh Kabupaten Kota untuk sama – sama membantu masyarakat yang terkena dampak banjir.

“Untuk banjir dan longsor Sekotong, BPBD Provinsi telah berkoordinasi dengan Pemda Lobar untuk segera berkonsentrasi menangani bencana tersebut,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Provinsi NTB, H. Ahsanul Khalik yang juga terjun langsung membantu korban banjir yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Barat. Warga diminta untuk lebih waspada dikarena intensitas curah hujan semakin meningkat.

“Menghimbau kepada seluruh masyarakat agar untuk lebih waspada, dikarenakan instensitas curah hujan yang semakin tinggi,” tutur Kadinsos.

Untuk diketahui, beberapa lokasi yang menjadi perhatian untuk seluruh warga berhati – hati dan waspada. Di Kota Mataram apabila kondisi hujan sampai nanti siang maka, wilayah Turida, Sweta, Babakan, Abian Tubuh, Pagutan sampai Sekarbela agar SIAGA. Selanjutnya sepanjang pantai Pondok Perasi, Bintaro agar dan Tanjung Karang sampai Mapak diwaspadai air hujan disertai Rob yang naik dari laut.

Kabupaten Lombok Utara (KLU), sesuai laporan sementara, agar dilakukan Pemantauan sekitar aliran Sungai Pusuk, karena sedang banjir disertai lumpur bekas pengerukan jalan pusuk, waspadai kalau air mulai masuk ke pemukiman warga, dan untuk Pemenang sudah mulai banjir sekitar Dusun Telagawareng Desa Pemenang Barat.

Kabupaten Lombok Barat, mulai Batu Layar Tanak Embet, dan Kekeri air sudah masuk rumah warga, selanjutnya Gunung Sari intensitas hujan cukup besar. Untuk pantai Kuranji diwaspadai bersamaan dengan naik nya Rob dari laut, karena tadi malam sudah masuk rumah warga. Selanjutnya Lembar sampai Sekotong siaga karena banjir dan longsor, di Buwun Mas.

Kabupaten Lombok Tengah waspadai wilayah selatan dan kemungkinan longsor di bagian utara batu kliang.

Kabupaten Lombok Timur, mulai wilayah Gunung Malang, labuhan Lombok Pringgabaya sejak kemarin banjir, dan wilayah sambelia agar mewaspadai air dari atas perbukitan.

Selanjutnya untuk pulau Sumbawa, walaupun sampai pagi ini laporan masih landai, karena kemarin sore sempat terjadi banjir di wilayah Desa Lito Moyo Hulu, serta kondisi KSB, Dompu, kota Bima dan Kab. Bima tetap waspada, karena kondisi sedang hujan.

Sementara itu, dihimbau kepada seluruh Taruna Siaga Bencana (Tagana) untuk dapat melakukan pemantauan kondisi yang ada di lingkungan masing-masing serta lokasi tertentu yang selama ini rawan banjir dan longsor, untuk selanjutnya melaporkan pada kesempatan pertama. (r)