Lombok Barat (Inside Lombok) – Usaha perhotelan belakangan turut berperan aktif memasarkan produk UMKM lokal. Hal itu salah satunya dilakukan Aruna Senggigi Resort and Convention, yang pada periode MotoGP Mandalika kemarin memberi bingkisan khusus berisi produk UMKM Lombok Barat (Lobar) bagi para tamu MotoGP yang menginap di sana.
Cara ini pun dinilai efektif untuk bantu perkenalkan dan memperluas pemasaran berbagai macam produk UMKM lokal, khususnya yang berasal dari Lobar. Tidak hanya itu, mereka juga memberikan ruang bagi para pelaku UMKM yang tidak memiliki kesempatan berjualan langsung di sirkuit Mandalika untuk membuka stan dan menjajakkan langsung produknya pada para penonton yang menginap di resort tersebut.
Kesempatan itu pun tidak hanya diberikan kepada UMKM yang bergerak di bidang kuliner, melainkan juga UMKM kerajinan menarik lainnya. “Kita gandeng UMKM untuk kita berikan area di lobi maupun di Sea View (Restaurant). Ini kan mumpung kesempatan, banyak tamu yang datang ke sini, jadi kita juga ingin memperkenalkan produk-produk ekonomi kreatif kepada tamu,” jelas General Manager (GM) Aruna Senggigi, Weni Kristanti saat dikonfirmasi akhir pekan kemarin.
Upaya mendukung UMKM ini sebenarnya sudah lama dilakukan di Aruna Senggigi. Antara lain dengan menyediakan semacam hadiah yang disiapkan gratis di setiap kamar. Isinya adalah berbagai produk kuliner UMKM, seperti kopi, gula, dan beragam kudapan.
“Untuk semua kamar, bagi tamu yang menginap, kita berikan seperti gift yang semuanya (isinya, Red) adalah produk UMKM. Dari situ kan tamu sudah bisa mencoba,” terang dia.
Khusus untuk periode MotoGP kemarin, ada sekitar enam UMKM yang dilibatkan dalam pameran langsung di area resort, setelah sebelumnya dilakukan seleksi dan penyesuaian dengan kebutuhan. “Kita berikan space (ruang) untuk UMKM ini free di sini, silakan untuk mendisplay barangnya, jualan. Karena bagaimanapun, kita kan harus bisa bersinergi,” imbuhnya.
Cara ini juga dinilai bisa memberi kemudahan bagi para tamu untuk tak perlu pergi jauh membeli oleh-oleh. Karena para pengrajinnya sudah dihadirkan langsung di area hotel.
Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Lobar, Maad Adnan pun mengapresiasi langkah hotel untuk bersinergi dengan para pelaku UMKM di Lobar. “Kita tentu mendukung terkait hal itu, karena akan menambah ruang pemasaran bagi produk UMKM Lobar. Dengan begitu, produk UMKM Lobar dapat dikenal luas setelah berbelanja produk UMKM kita,” tutup Maad. (yud)