Pemda Akan Benahi Fasilitas BPBD Lotim

95
Wabup Lotim, H Rumaksi saat melayat ke rumah personil BPBD yang telah gugur menjalankan misi kemanusiaan, di Labuhan Haji, Kamis (07/01/2020). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi).

Lombok Timur (Inside Lombok) – Terjadi peristiwa kecelakaan menewaskan dua personel Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Lotim pada Rabu (06/01). Pemerintah Daerah (Pemda) Lombok Timur (Lotim) akan benahi fasilitas BPBD Lotim, termasuk fasilitas keamanan para personel.

Wakil Bupati Lotim, H Rumaksi mengatakan, pihaknya merasa kehilangan atas dua relawan kemanusiaan yang dimiliki BPBD Lotim atas peristiwa kecelakaan. Pihaknya akan membenahi fasilitas yang ada di BPBD agar para personel yang menjalankan misi kemanusiaan bisa lebih aman.

“Kita akan benahi kendaraannya nanti, dan juga fasilitas pengaman sudah disediakan, akan tetapi kadang personel yang begitu tanggap membuat mereka lalai akan keselamatannya sendiri. Tapi ini adalah kehendak yang kuasa, kita tidak bisa menghindarinya,” ucapnya kepada Inside Lombok, di Labuhan haji, Kamis (07/01).

Tentunya dengan peristiwa ini, kata Rumaksi, para personel BPBD yang lain bisa lebih mengedepankan keamanan dan keselamatan mereka. Walaupun harus siap tanggap dalam menjalankan misi kemanusiaan.

“Tentu ini jadi pembelajaran agar kita tidak lalai dalam menggunakan alat pengaman,” katanya.

Pemda Lotim akan melengkapi fasilitas keamanan untuk BPBD agar nantinya mereka lebih aman dalam menjalankan tugas kemanusiaan. Pemda juga akan memberikan santunan tali asih bagi keluarga korban yang ditinggalkan.