Pemkab Lombok Utara Gunakan Aplikasi E-Kinerja Pantau Kinerja ASN

Para ASN Diskominfo Kabupaten Lombok Utara mengikuti sosialisasi aplikasi E-Kinerja. (Inside Lombok/ANTARA/HO/Diskominfo KLU)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat menggunakan aplikasi E-Kinerja untuk menilai, mengawasi serta mengelola kinerja aparatus sipil negara (ASN).

“E-Kinerja merupakan aplikasi atau sistem berbasis teknologi informasi berupa website yang digunakan sebagai alat atau cara untuk memantau para ASN dengan sistem yang terpadu, yaitu mengukur, menilai, mengawasi serta mengelola kinerja ASN,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Lombok Utara H Muhammad, di Kabupaten Lombok Utara, Kamis.

Untuk penerapannya, kata dia, ASN lingkup Diskominfo Kabupaten Lombok Utara telah mengikuti kegiatan sosialisasi aplikasi E-Kinerja yang dilaksanakan oleh Badan Kepegawaian Daerah dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKD-PSDM) Kabupaten Lombok Utara.

Adapun tujuan penerapan E-Kinerja adalah untuk meningkatkan kinerja organisasi dan aparatur dan menjadi salah satu instrumen dalam penataan dan penyempurnaan organisasi. Selain itu, sebagai alat ukur prestasi kerja organisasi dan aparatur dan untuk meningkatkan kesejahteraan aparatur dengan mengacu prinsip keadilan.

Tujuan lainnya adalah mendorong terciptanya kompetisi yang sehat di antara aparatur, meningkatkan kompetensi SDM, menumbuhkan kreatifitas dan inovasi kerja yang lebih tinggi, merekam pekerjaan harian aparatur sesuai dengan jabatan dan beban kerja.

“Harapan hasil dari kegiatan sosialisasi tersebut agar dapat dipahami cara pengisian dan aktivitas harian yang nantinya dijadikan dasar penilaian oleh BKD-PSDM untuk pembayaran tunjangan kinerja bagi para ASN di Kabupaten Lombok Utara,” kata Muhammad. (Ant)