Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram Buka Layanan Online

(Dari kiri ke kanan) Koordinator Bidang Teknologi dan Informasi UPT Perpusktaaan (Ridwan, S.IP, MM), Kepala UPT Perputakaan UMMAT (Iskandar, S.Sos, MA), Dekan FISIP UMMAT (Dr. H. Muhammad Ali, M.Si), Ketua Program Studi D3 Perpustkaan (Iwin Ardyawin, S.Sos.MA) saat memberikan sambutan pembukaan perpustakaan online, di Mataram, Senin (26/10/2020). (Inside Lombok/Istimewa dari Humas UMMAT)

Mataram (Inside Lombok) – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Mataram (UMMAT) mengadakan kegiatan Pendidikan Perpustakaan bagi Mahasiswa Baru 2020/2021. Ini dilakukan secara virtual melalui zoom meeting dan streaming youtube pada Senin-Selasa, 26-27/10/2020.

Agar kegiatan berjalan secara maksimal, mahasiswa baru akan dibagi per fakultas. y
Yaitu empat fakultas pada hari senin dan tiga fakultas menyusul keesokan harinya. Dalam setiap sesi, pimpinan fakultas akan turut hadir mendampingi mahasiswa mengikuti kegiatan tersebut.

Kepala UPT Perpustakaan, Iskandar S.Sos, M.A menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan maksud untuk memperkenalkan mahasiswa baru tentang perpustakaan yang ada di UMMAT dan agar mahasiswa baru mengetahui tempat yang tepat untuk mencari referensi tugas kuliah dan selain itu untuk meningkatkan literasi mahasiswa.

“Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, pertama, agar mahasiswa baru mengetahui keberadaan perpustakaan; kedua, supaya mahasiswa memanfaatkan eksistensi perpustakaan. Jadi ketika mereka mencari referensi untuk tugas tidak hanya copy paste di internet” jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa diperkenalkan berbagai layanan yang tersedia di UPT Perpustakaan dan juga tata tertib yang harus diikuti mahasiswa ketika berkunjung ke perpustakaan.

Selain meminjam buku secara fisik, mahasiswa juga dapat meminjam buku secara daring di perpustakaan digital yang tersedia di website UMMAT. Juga di repository UMMAT untuk mencari skripsi atau hasil tugas akhir mahasiswa yang sudah di upload ke repository tersebut.

Namun dikarenakan pandemi yang masih berlangsung dan perkuliahan diadakan secara daring pada semester ini, UPT Perpustakaan menyediakan layanan online yang dapat membantu mahasiswa mencari buku atau jurnal tanpa harus mengunjungi perpustakaan.

Untuk layanan secara online, dapat diakses dari hari senin-sabtu melalui Whatsapp, Facebook atau zoom meeting yang dibatasi 10 orang per kelas. Mahasiswa hanya perlu menulis format nama, NIM dan Program Studi serta kebutuhan yang diperlukan maka Staf perpustakaan kemudian akan membimbing mahasiswa agar mendapatkan buku atau jurnal yang mereka cari.

Dengan diadakannya kegiatan ini, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIPOL), Dr. H.Muhammad Ali.,M.Si  mengharapkan mahasiswa dapat memanfaatkan UPT Perpustakaan dan agar tingkat minat baca mahasiswa agar meningkat terlebih dikarenakan mudahnya mendapatkan informasi, banyak yang tidak teliti dalam memilah informasi karena kurangnya minat baca.

“Semoga keberadaan perpustakaan ini dapat dimanfaatkan secara maksimal oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa baru karena dengan begitu, tingkat minat baca tentu akan meningkat”, harap Dekan FISIPOL yang turut memberi sambutan.