Pimpinan Dewan Lobar Blusukan Ke Pasar Ingatkan Pedagang Taati Prokes

Lombok Barat (Inside Lombok) – Lakukan pendekatan, dua pimpinan perempuan di Lobar, yakni Ketua dan Wakil Ketua DPRD bersama para Polwan jajaran Polres Lobar turun blusukan ke Pasar Lembar. Mereka mengingatkan para pedagang untuk tetap taati Prokes (protokol kesehatan) sembari mereka membagikan 200 masker.

“Hari ini kita turun ke pasar untuk melihat secara langsung kesadaran masyarakat terkait menjaga Prokes” kata Ketua DPRD Lobar, Hj. Nurhidayah, saat blusukan membagikan masker kepada para pedagang di Pasar Lembar, Senin (08/02/2021).

Dari hasil blusukan itu, dirinya menyebut bahwa kesadaran masyarakat untuk menaati Prokes sudah mulai meningkat. Walaupun masih ada beberapa orang yang tidak menggunakan masker.

“Luar biasa pak Kapolres mengajak kita perempuan untuk turun melakukan pendekatan, karena di pasar yang mendominasi itu kan perempuan” ungkapnya.

Sehingga dengan begitu, diharapkan, para pedagang dan masyarakat bisa lebih memahami dan menaati Prokes.

“Mungkin dengan sentuhan perempuan, bisa lebih menyentuh para pedagang” harapnya.

Ia pun menyebut akan melakukan hal serupa di lokasi keramaian yang lainnya, di wilayah Lombok Barat. Dirinya mengakui bahwa ada rencana untuk melakukan rapid antigen massal di beberapa titik kerumunan.

“Kita akan melaksanakan rapid antigen di tempat umum dan keramaian, dan itu akan dilakukan secara random” bebernya.

Dalam kesempatan itu, Kapolres Lobar, AKBP Bagus S. Wibowo, memaparkan bahwa blusukan kali ini dilakukan khusus bersama pimpinan perempuan di Lobar.

“Dari pantauan, kita masih menemukan beberapa (yang tidak menggunakan masker), namun tidak banyak” kata dia.

Secara umum, dirinya menilai bahwa kepatuhan masyarakat dalam menaati kewajiban untuk menjalankan Prokes.

“Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari program bapak Kapolri kita yang baru, dengan terus-menerus mengimbau masyarakat” paparnya.

Dengan kegiatan serupa yang dilakukan secara masif di lokasi-lokasi umum dan keramaian, untuk bisa menekan angka penularan covid-19 di Lobar.