Polres Lotim Bantu Pemadaman 250 Hektare Savana Terbakar di Rinjani

Mataram (Inside Lombok) – Wakapolres Lombok Timur Kompol Bayu Eko Pandu Winoto, SIK memimpin apel pemadaman api yang dilaksanakan di Mapolsek Sembalun, Selasa pagi (22/10/2019) pukul 10.00 WITA.

Jumlah personel peserta apel sebanyak 120 orang yang terdiri dari satu Pleton Brimob Labuan Haji, satu Pleton Gabungan Babhinkamtibmas dan Sabhara Polres Lotim, satu Pleton Polsek Sembalun, satu Pleton TNGR Resort Sembalun, serta 3 anggota Koramil Sembalun.

“Pukul 11.00 WITA, tim tiba di lokasi kebakaran yang pertama yaitu di Bukit Tangkok Kediri (kawasan hutan TNGR Resort Sembalun),” ujar Wakapolres Lotim Kompol Bayu Eko Pandu Winoto melalui keterangan resmi, Selasa (22/10/2019).

Selanjutnya Kompol Bayu Eko memimpin dan mengarahkan personel untuk melakukan pemadaman api dengan menggunakan peralatan berupa karung basah. Dalam operasi pemadaman ini, turut pula Kasatreskrim Polres Lotim AKP I Made Yogi Purusa Utama, SE., SIK.

Sekitar pukul 13.30 WITA, api yang berada di lokasi pertama tesebut sudah berhasil untuk dipadamakan. Titik koordinat atau lokasi GPS kebakaran ini terjadi yakni -8.359100, 116.485762.

“Luas Padang Savana yang terbakar sampai hari ini diperkirakan kurang lebih sekitar 250 Ha,” lanjutnya.

Rencana selanjutnya untuk menindaklanjuti kegiatan pemadaman sisa-sisa api pada area kebakaran Gunung Rinjani ini akan dilakukan di Pos II sampai dengan Pelawangan Rinjani.

“Tetap menyiagakan personil yang ada di dekat lokasi kebakaran guna mencegah meluasnya api,” pungkas Kompol Bayu Eko.