Program Bagi-bagi Bantuan Sosial di Loteng Masih Tetap Jalan

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Jumlah penduduk miskin di Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) tahun 2020 tercatat sebanyak 128,10 ribu jiwa atau 13,44 persen.

Upaya yang dilakukan untuk menurunkan jumlah penduduk miskin ini dengan mempersiapkan program penanggulangan kemiskinan di semua organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kalau di kami, Dinas Sosial, penanganan kemiskinan berupa program Kube (kelompok usaha bersama), sembako untuk lansia dan disabilitas,” kata Kepala Dinas Sosial, Baiq Sri Hastuti Handayani belum lama ini di Praya.

Program Kube dinilai efektif untuk menurunkan angka kemiskinan. Karena memberdayakan kelompok masyarakat miskin melalui pemberian modal usaha. “Tidak hanya program ini. Tapi program yang lain juga tetap jalan,”katanya.

Namun, sinergi antara semua OPD untuk pengentasan angka kemiskinan ini dinilai sangat penting. Karena program tersebut tidak bisa berjalan maksimal kalau ada ketimpangan antara satu OPD dan OPD lain. Apalagi, anggaran yang digelontorkan pemerintah daerah untuk menurunkan angka kemiskinan ini juga tidak sedikit.