Waspada Pontesi Cuaca Ekstrem dalam Sepekan di Loteng

Cuaca ekstrem (ilustrasi)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lombok Tengah (Loteng) menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi hujan lebat yang disertai angin kencang.

Berdasarkan informasi dari Bandan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) terdapat potensi cuaca ekstrem dalam sepekan ke depan.

“Kita minta masyarakat selalu waspada. Mulai tanggal 21-27 November 2020 ada potensi terjadi intesitas hujan lebat”,kata PLT Kepala BPBD Loteng, Murdi, Rabu (24/11/2020) di Praya.

Diterangkan, potensi hujan lebat, angin kecang dan kilat itu terjadi karena adanya pergeseran posisi matahari ke selatan garis katulistiwa. Sehingga dampak cuaca ekstrem itu bisa mengakibatkan banjir, pohon tumbang dan tanah longsor di NTB termasuk Loteng.

“Kita harap masyarakat tetap waspada hujan dan angin puting beliung. Diam di rumah dan tidak berpergian saat terjadi hujan”, imbuhnya.

Masyarakat juga diharapakan untuk tetap menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Pemerintah Desa diharapkan dapat mengelola sampah dengan baik, terlebih di saat musim hujan ini.

“Kita imbau jagan buang sampah ke sungai atau kali yang dapat menyebabkan banjir,” ujarnya.

“Untuk antisipasi bencana itu dari segi anggaran logistik sudah siap. Semoga tida ada bencana yang terjadi”,katanya.