28.5 C
Mataram
Selasa, 27 Februari 2024
BerandaDaerahJelang Pemungutan Suara, Bawaslu Loteng Berkali Saksi Parpol

Jelang Pemungutan Suara, Bawaslu Loteng Berkali Saksi Parpol

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Guna memberikan pemahaman dan pengetahuan terhadap saksi peserta Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 pada proses pungut hitung Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Lombok Tengah menggelar pelatihan saksi partai politik (Parpol).

“Giat ini untuk mentraining koordinator saksi di setiap parpol dan DPD RI untuk memberikan pembekalan kepada para saksi mereka di setiap TPS,” kata Koordinator Divisi SDM, Organisasi, Pendidikan dan Pelatihan Bawaslu Loteng Sudirman Haryanto, Selasa (6/2/2024).

Menurutnya, kegiatan ini dirasa sangat penting dilakukan menjelang waktu pungut hitung ini untuk mengatasi potensi kecurangan di tingkat tempat pemungutan suara (TPS) sampai tingkat pleno kabupaten. “Sehingga nanti ketika mereka (parpol) melaksanakan pelatihan saksi di internal mereka sudah siap untuk memberikan materi,” ujarnya.

Dikatakan, Haryanto meminta kepada seluruh peserta Pemilu agar memilih saksi TPS yang berpegang teguh terhadap tugas dan tanggung jawab untuk mengawasi kemurnian suara. “Ini untuk mensukseskan proses pungut hitung. Terutama bagi proses pengawasan terhadap potensi-potensi kecurangan itu. Jadi perlu kita perkuat kapasitas saksi ini,” imbuhnya.

- Advertisement -

Selain itu, Kata Haryanto, bahwa pihaknya akan melakukan hal serupa untuk memberikan pembekalan terhadap Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). “Khusus di internal kamu juga akan ada pelatihan bagi PTPS kami terkait hitung surat. Jadi itu untuk memperkuat juga karena sebelumnya juga kita sudah melakukan bimtek kepada mereka,” pungkasnya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer