33.5 C
Mataram
Rabu, 30 Oktober 2024
BerandaDaerahNTBPeringatan HUT ke-79 RI: ITDC Resmikan Sistem New Traffic dan Kantor Bea...

Peringatan HUT ke-79 RI: ITDC Resmikan Sistem New Traffic dan Kantor Bea Cukai di Kawasan The Mandalika

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Bertepatan dengan HUT Ke-79 Republik Indonesia hari Sabtu (17/8) kemarin, PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau ITDC resmikan dua proyek infrastruktur penting di kawasan The Mandalika, Lombok Tengah. Keduanya adalah peresmian Sistem New Traffic di Kuta Beach Park (KBP) dan peresmian gedung Kantor Bea Cukai yang berlokasi di VIP Deluxe Lantai 1, Pertamina Mandalika International Circuit.

Acara dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan mendukung pertumbuhan pariwisata di kawasan The Mandalika. Sistem New Traffic diresmikan oleh Direktur Operasi ITDC, Wenda R. Nabiel bersama Direktur Commercial ITDC, Troy Warokka, menjadi sebuah inovasi terbaru dalam pengelolaan lalu lintas di kawasan The Mandalika.

Sistem ini dirancang untuk mengoptimalkan alur lalu lintas, meningkatkan kenyamanan, dan memudahkan mobilitas pengunjung serta warga setempat di sekitar area KBP. Sistem lalu lintas satu arah ini diterapkan untuk memperlancar arus kendaraan tanpa mengorbankan aksesibilitas pelaku usaha.

Selain itu, fasilitas parkir dipusatkan di sentral parkir untuk mengurangi kemacetan di area utama, dengan tarif parkir yang telah ditetapkan untuk berbagai jenis kendaraan. Direktur Operasi ITDC, Wenda R. Nabiel mengungkapkan Peringatan HUT RI ke-79 menjadi momen penting untuk sekaligus menunjukan komitmen pihaknya dalam mendukung perkembangan The Mandalika sebagai destinasi pariwisata kelas dunia. “Kami memastikan bahwa infrastruktur yang kami kembangkan dapat memberikan manfaat maksimal bagi masyarakat dan pengunjung. Penerapan sistem new traffic di KBP akan semakin tertata dan nyaman, sehingga dapat menarik lebih banyak wisatawan,” ujarnya.

- Advertisement -

Langkah-langkah strategis seperti ini disebut Wenda menjadi bukti ITDC tidak hanya berfokus pada pengembangan infrastruktur, tetapi juga memastikan bahwa setiap tindakan sejalan dengan aspirasi masyarakat. “Kami percaya bahwa kolaborasi harmonis dengan seluruh stakeholder adalah kunci untuk menjadikan The Mandalika sebagai destinasi wisata unggulan yang mampu memberikan pengalaman terbaik bagi setiap pengunjung, sebagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan kenyamanan di kawasan The Mandalika.” lanjutnya.

Peresmian gedung Kantor Bea Cukai yang berlokasi di VIP Deluxe Lantai 1, Pertamina Mandalika International Circuit. (Inside Lombok/Ist)

Sementara itu, peresmian Kantor Bea Cukai di Pertamina Mandalika International Circuit merupakan langkah penting dalam memperkuat administrasi kepabeanan, mempermudah pengelolaan logistik, serta mengawasi arus barang masuk dan keluar secara real-time di kawasan The Mandalika. Diresmikan oleh Direktur Commercial ITDC, Troy Warokka, bersama Kepala Kantor Bea Cukai Mataram, Made Aryana, kantor ini diharapkan dapat mendukung aktivitas bisnis dan pariwisata, termasuk kelancaran pelaksanaan event internasional seperti Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2024) yang akan digelar pada 27-29 September mendatang.

Fasilitas ini juga menyediakan layanan konsultasi bagi pelaku usaha terkait kepabeanan, sehingga mendukung kelancaran logistik dan meningkatkan efisiensi operasional, terutama dalam memfasilitasi impor peralatan teknis untuk MotoGP 2024.

Direktur Commercial ITDC, Troy Warokka menyatakan Pertamina Grand Prix of Indonesia – MotoGP 2024, sebagai salah satu event balap internasional, membutuhkan pengelolaan logistik yang kompleks, termasuk impor peralatan teknis dan suku cadang dari berbagai negara. Karenanya kehadiran Kantor Bea Cukai di Mandalika ini akan sangat krusial dalam memastikan bahwa semua peralatan ini dapat masuk ke Indonesia dengan mudah dan tepat waktu, serta mematuhi semua peraturan kepabeanan yang berlaku.

“Kami yakin langkah ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam menyukseskan MotoGP 2024 serta event-event besar lainnya di KEK Mandalika,” ungkapnya. ITDC mengambil langkah untuk mewujudkan komitmen dalam pengembangan The Mandalika sebagai destinasi wisata unggulan, yang tidak hanya menawarkan keindahan alam, tetapi juga kenyamanan dan efisiensi bagi pengunjung dan pelaku usaha di dalam kawasan.

Dengan dukungan infrastruktur yang memadai dan pelayanan yang terintegrasi, ITDC optimis bahwa The Mandalika akan terus menarik minat investasi, wisatawan dan menjadi tuan rumah berbagai event baik skala nasional hingga internasional​. (r)

- Advertisement -

Berita Populer