29.5 C
Mataram
Sabtu, 26 Oktober 2024
BerandaEkonomiDiharapkan Berlanjut, Program JPS Gemilang dan NTB Mall Dinilai Tingkatkan Kesejahteraan UMKM

Diharapkan Berlanjut, Program JPS Gemilang dan NTB Mall Dinilai Tingkatkan Kesejahteraan UMKM

Mataram (Inside Lombok) – Program Jaring Pengaman Sosial (JPS) Gemilang dan kehadiran NTB Mall dinilai telah memberikan dampak signifikan terhadap peningkatan kesejahteraan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di NTB, terutama di masa sulit seperti pandemi Covid-19 lalu. Apresiasi terhadap program-program inovatif Gubernur NTB 2018-2023, Zulkieflimansyah itupun menguat, salah satunya dalam forum “Sekali Lagi NTB” yang berlangsung, Jumat (25/8) di Rota Kopi dengan menghadirkan UMKM dari seluruh penjuru NTB.

Dalam acara tersebut, para pelaku UMKM secara kompak menyatakan kekaguman pada program-program yang dijalankan Pemprov NTB pada 2018-2023 lalu. Mereka melihat bahwa program-program yang digagas oleh Zulkieflimansyah selaku gubernur kala itu, khususnya JPS Gemilang dan NTB Mall, telah membuka peluang pasar yang lebih luas bagi produk-produk lokal.

“Program JPS Gemilang yang digagas oleh pemerintah sebelumnya merupakan sebuah terobosan dalam penanganan dampak sosial ekonomi akibat pandemi Covid-19. Program ini tidak hanya memberikan bantuan sembako, namun juga berupa komoditas yang diproduksi oleh UMKM lokal,” ujar Ketua Lombok Womenpreneur Club (LWC), Indah Purwanti. Menurutnya, program tersebut telah berhasil memberdayakan UMKM lokal sekaligus meningkatkan konsumsi produk-produk dalam negeri.

Tak hanya itu, kehadiran NTB Mall juga semakin melengkapi ekosistem UMKM di NTB. Platform ini memungkinkan UMKM dapat memasarkan produknya secara lebih luas dan masif, tidak hanya di tingkat lokal, tetapi juga nasional bahkan internasional. “Dengan demikian, UMKM dapat meningkatkan omzet dan memperluas jaringan bisnis,” lanjut mantan Direktur NTB Mall tersebut.

- Advertisement -

Saat menghadiri forum “Sekali Lagi NTB” itu, para pelaku UMKM tidak hanya menyampaikan apresiasi, tetapi juga menyuarakan dukungan pada Zul yang kembali maju di pilkada NTB tahun ini, berpasangan dengan mantan Bupati Lombok Tengah, Moh. Suhaili FT. Mereka berharap agar program-program yang telah berjalan baik pada periode kepemimpinan Bang Zul dapat terus ditingkatkan dan diperluas cakupannya, serta semakin banyak program-program serupa yang dapat dilaksanakan untuk mendukung pengembangan UMKM di NTB jika kembali terpilih nanti. (r)

- Advertisement -

Berita Populer