27.5 C
Mataram
Selasa, 1 Oktober 2024
BerandaEkonomiDipengaruhi Pemilu, BI NTB Catat Uang Keluar di Januari 2024 Capai Rp647...

Dipengaruhi Pemilu, BI NTB Catat Uang Keluar di Januari 2024 Capai Rp647 Miliar

Mataram (Inside Lombok) – Pada momentum pemilihan umum (pemilu) 2024, arus uang keluar (outflow) yang tercatat Bank Indonesia (BI) provinsi NTB di Januari 2024 saja mencapai Rp647 miliar. Jumlah ini diakui mengalami peningkatan signifikan.

“Januari lumayan tinggi outflow atau uang yang keluar dari bank Indonesia, di triwulan I 2024 saja, padahal baru satu bulan untuk sudah mencapai Rp647 miliar,” ujar Kepala Kantor Perwakilan BI NTB, Berry A Harahap, Kamis (1/2).

Disebutkan, peningkatan jumlah kas keluar dari Bank Indonesia ini terlihat sejak triwulan IV tahun 2023 lalu. selama satu triwulan (3 bulan) periode Oktober–Desember 2023 sebesar Rp789 miliar. “Ada kebutuhan masyarakat yang cukup besar di triwulan IV tahun lalu dan di awal tahun 2024 ini,” terangnya.

Naiknya permintaan tersebut terutama karena kebutuhan kampanye parpol yang mulai bergeliat. Permintaan uang itu dibutuhkan untuk pembayaran alat peraga dan kegiatan-kegiatan peserta pemilu lainnya.

- Advertisement -

Pada masa kampanye aktivitas ekonomi peserta pemilu tidak bertujuan sebagai komersial. Namun bisa menggerakkan sektor-sektor yang berpengaruh di dalamnya. Termasuk seperti usaha reklame pembuatan iklan, alat peraga, dan kebutuhan lainnya. “Perputaran uang dalam aktivitas ekonomi tersebut dilakukan baik secara tunai maupun nontunai,” katanya.

Tak hanya itu saja, BI juga berupaya mempersiapkan kecukupan uang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. selain momentum pemilu, dalam rentang waktu yang pendek, masyarakat akan melaksanakan puasa Ramadhan, Idul Fitri. Pada momentum-momentum seperti ini, tingkat kebutuhan uang masyarakat cukup tinggi.

“Jadi ada persiapan, baik itu pemilu, puasa dan lebaran ini sudah mulai dilakukan penarikan. Tapi itu memang sudah kita perkirakan (akan banyak kas yang keluar, Red),” jelasnya.

Secara nasional, BI akan menyiapkan uang layak edar senilai Rp260 triliun untuk menghadapi masa Ramadan dan Idul Fitri 2024. Besaran dana itu jauh lebih tinggi dari jumlah uang kartal yang BI siapkan untuk Ramadhan dan Idul Fitri 2023 sebesar Rp195 triliun. (dpi)

- Advertisement -


Berita Populer