24.5 C
Mataram
Selasa, 10 September 2024
BerandaEkonomiPelaku UMKM NTB Raup Omzet Miliaran di FEKDI dan KKI 2024

Pelaku UMKM NTB Raup Omzet Miliaran di FEKDI dan KKI 2024

Mataram (Inside Lombok) – Kolaborasi Festival Ekonomi Keuangan Digital dan Karya Kreatif Indonesia (FEKDI x KKI) 2024 yang dilaksanakan pada 1- 4 Agustus di Jakarta Convention Center memberikan keuntungan bagi pelaku UMKM. Terutama UMKM NTB yang ikut dalam kegiatan pameran di event tersebut mampu meraup omset hingga milyaran rupiah.

Dalam perhelatan tahunan ini, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB mengajak 5 UMKM Binaan BI NTB yang terpilih untuk turut serta. Diantaranya Mawar Tenun dan Naung Songket sebagai UMKM dengan produk wastra dan Lombok NTB Pearls, Lamops Craftworks, serta Indah Mutiara Lombok sebagai UMKM dengan produk kriya.

“Omset penjualan produk 30 UMKM Binaan BI NTB di luar pameran KKI periode 10 Juli – 4 Agustus 2024 senilai Rp 2,5 miliar dan omzet penjualan produk dari 5 UMKM yang hadir dalam acara pameran KKI senilai Rp 1,7 miliar,” ujar Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTB, Berry Arifsyah Harahap, Selasa (6/8).

Pada rangkaian acara FEKDI x KKI 2024, UMKM binaan Bank Indonesia Provinsi NTB menorehkan prestasi. Seperti Lamops Craftwork dan Mawar Tenun berhasil terpilih untuk menampilkan produk terbaiknya melalui pagelaran karya kreatif sustainable fashion. Tidak hanya itu, ada juga UMKM juga mendapat apresiasi atas inovasi dan kegigihannya mempromosikan produk lokal, sehingga berhasil menandatangani kerjasama untuk mengekspor.

- Advertisement -

“Ada UMKM Ana Pearls berhasil mengikuti Penandatanganan Kesepakatan Business Matching Ekspor bersama Starlight Pearls dari China dengan nominal kerjasama senilai Rp1,15 miliar dan UD Rempah Organik dengan Singing Dog dari USA senilai Rp 6 miliar,” jelasnya.

Selain itu, produk wastra UMKM Mawar Tenun juga kembali hadir sebagai juara ketiga UMKM Terinovatif KKI 2024 dari total 350 UMKM. Penghargaan tersebut diharapkan dapat memacu para pelaku UMKM lainnya agar semakin produktif, inovatif, dan resilien, sebagai sumber pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Alhamdulillah, UMKM NTB mendapat banyak apresiasi pada kegiatan FEKDI x KKI 2024. Kita tidak akan berhenti pada posisi ini, kita akan dukung terus agar UMKM NTB dapat mencapai level yang lebih tinggi,” imbuhnya.

Tak hanya itu saja, FEKDI x KKI 2024, Bank Indonesia NTB juga meraih apresiasi membanggakan sebagai TIM QRIS Jelajah Indonesia 2024 terbaik di wilayah Bali Nusra. Bank Indonesia berharap pagelaran FEKDI x KKI 2024 ini dapat memperkuat ekonomi dan keuangan digital Serta inklusif untuk pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan. Tentunya dengan dukungan yang konsistensi, inovasi, serta sinergi pengembangan ekonomi dan keuangan digital dalam mendukung pengembangan UMKM.

“Untuk event selanjutnya, kami juga akan menggandeng Dekranasda Provinsi, Kabupaten dan Kota dalam kegiatan Karya Kreatif NTB yang digandengkan dengan Lombok Sumbawa Tenun Festival (LSTF) pada 24-25 Agustus 2024,” demikian. (dpi)

- Advertisement -


Berita Populer