32.5 C
Mataram
Minggu, 29 September 2024
BerandaEkonomiSejumlah Daerah di Indonesia Belajar Konsep Pemberdayaan UMKM di NTB

Sejumlah Daerah di Indonesia Belajar Konsep Pemberdayaan UMKM di NTB

Mataram (Inside Lombok) – NTB Mall sebagai wadah pemberdayaan dan pemasaran bagi produk-produk UMKM lokal NTB dinilai telah sukses membantu memasarkan produk-produk lokal hingga ke luar daerah dan luar negeri. Konsep yang digunakan NTB Mall itu pun dipelajari oleh beberapa daerah di Indonesia untuk pengembangan serupa.

NTB Mall disebut mampu menjadi etalase produk UMKM di NTB. Beberapa pemerintah daerah, kabupaten/kota dan provinsi di Indonesia datang belajar ke unit usaha milik pemerintah daerah itu.

“Ada Diskop UKM Provinsi Jawa Barat, Diskop UKM Kabupaten Sleman, Disperindag Kota Baubau Sulawesi Tenggara, Disperindag Kabupaten Simalungun, dan kabupaten/kota lainnya,” ujar Kepala Dinas Perdagangan NTB, Baiq Nelly Yuniarti, melalui Kepala UPTD (BP3UD), Lalu Afghan Muharor, Rabu (13/12).

Dikatakan daerah-daerah lain ini melihat konsep pemberdayaan UMKM yang dilakukan oleh NTB Mall. Sehingga menjadikan tempat belajar dari sejumlah pemerintah daerah di Indonesia. Jumlah kunjungan study tiru ke NTB Mall tahun 2023 ini meningkat dibanding tahun sebelumnya.

- Advertisement -

“Saat ini NTB Mall sudah menggunakan gedung belakang Islamic Center mengakomodir 400 pelaku UMKM dengan belasan ribu produk, terdiri dari produk makanan, fashion, kosmetik, sampai kerajinan,” katanya.

Selain itu, ada juga unit pemasaran NTB Mall lainnya ada di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Madjid, Wisma NTB di Jakarta, dan NTB Mall Cabang Malaysia. Kemudian, pemasaran produk UMKM melalui NTB Mall online di sekitar 3.000 kamar hotel di Lombok, dimana masing-masing hotel, tersedia barcode NTB Mall.

“Capaian tahun 2023 ini yang paling kita syukuri adalah, NTB Mall sudah menjadi bagian dari industri pariwisata dan industri fesyen. Tapi yang paling penting bagi pemerintah daerah adalah, UMKM lokal bisa diberdayakan dan produk lokal bisa dipasarkan,” bebernya.

Sementara itu, NTB Mall akan terus melakukan ekspansi bisnis tahun 2024 dengan menggandeng sejumlah stakeholder. Salah satunya, membangun kerjasama dengan ritel-ritel untuk memasarkan produk UMKM NTB.

“Di BIZAM nanti akan disiapkan outlet NTB Mall di pintu masuk. Sehingga ketika orang keluar masuk, bisa belanja produk-produk lokal. Begitu juga di Pelabuhan. Sesuai petunjuk dari Kementerian Perdagangan untuk mendorong semangat bela beli produk lokal,” demikian. (dpi)

- Advertisement -


Berita Populer