Dorna Sport Akan Cek Kesiapan Sirkuit Mandalika Februari Ini

Lombok Tengah (Inside Lombok) – .Dorna Sport selaku organisasi penyelenggara Motorcycle Grand Prix (MotoGP) dijadwalkan datang mengecek kesiapan Sirkuit Mandalika pada bulan Februari 2021 ini.

“Dorna akan datang di bulan Februari ini akan mengecek semua kesiapan (sirkuit). Dari mulai desain, kontruksi dan lain-lain yang namanya proses homologasi,”kata Vice President Corporate Legal & GCG PT Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Yudhistira Setiawan, Rabu (13/1/2021).

Untuk itu, persoalan lahan yang masih menjadi kendala pembangunan sirkuit MotoGP harus diselesaikan seluruhnya pada bulan Januari ini. Dengan demikian, pembangunan sirkuit MotoGP bisa berjalan lancar.

Sementara itu, Kepala Divisi Konstruksi ITDC Haris Joko Santoso dalam kesempatan yang sama mengungkapkan, progress pembangunan sirkuit MotoGP saat ini sudah mencapai 50 persen. Sementara pembangunan seluruhnya ditarget tuntas pada bulan Juni mendatang.

“Iya (pembangunan) sudah setengah jalan. Kita optimis bisa selesai bulan Juni. Memang kondisi lahan klaim dan enclave ini yang kita eksekusi menghambat 3 persen dari total sirkuit yang kita bangun,”katanya.

Diharapkan dengan selesainya persoalan sejumlah lahan saat ini tidak akan ada gangguan lagi dalam pembangunan sirkuit MotoGP.

Adapun untuk pengasapalan sirkuit sudah dimulai yang diawali dengan pengaspalan servis road. Sedangkan pengaspalan road nya dijadwalkan dilakukan pada bulan Februari.

Material aspal juga sudah siap. Untuk material aspal di bagian road didatangkan khusus dari Inggris.

Sementara fasilitas lain seperti trowongan masih berproses. “Namun, target tuntas pembangunan secara keseluruhan yakni di bulan Juni 2021. Itu sudah selesai semua pembangunan,”katanya.

Dengan siswa waktu yang ada pembangunan sirkuit MotoGP diyakini bisa mencapai target 100 persen pada bulan Juni. Karena persentase pembangunan yang paling besar adalah proses pengaspalan.

“Jadi pekerjaan yang butuh presisi yang tinggi dan paling cepat itu aspal.