Ketahui Manfaat Sarapan Bagi Tubuh

Mataram (Inside Lombok) – Pernah terpikir kenapa bahasa inggrisnya sarapan itu breakfast? Sebab, arti dari kata “breakfast” itu sendiri adalah membatalkan puasa. Tubuh kita berpuasa selama kita tidur di malam hari. Oleh sebab itu kamu butuh tenaga untuk menjalani hari keesokan paginya. Hal ini menjadikan sarapan sebagai makanan terpenting sebelum memulai aktifitas seharian.

Yuk simak beberapa poin pentingnya sarapan bagi tubuh kita.

  1. Sumber energi

Karena tubuh berpuasa selama kita tidur, maka glikogen dalam tubuh akan berkurang. Dengan sarapan kita bisa meningkatkan tingkat energi dan mengembalikan tingkat glikogen untuk menjaga metabolisme kita pada hari itu.

  1. Sebagai vitamin, mineral dan nutrisi yang penting

Makanan pada sarapan seperti susu dan keju rendah lemak, sereal yang terbuat dari gandum, protein dari telur, buah-buahan atau sayur, kaya akan nutrisi seperti folat, kalsium, zat besi, vitamin B dan serat.

Menu sarapan sendiri telah memenuhi sebagian dari total nutrisi yang dibutuhkan dalam sehari. Jadi, orang yang sarapan akan lebih memenuhi standar rekomendasi vitamin dan mineral harian yang dibutuhkan seseorang.

  1. Sarapan dapat mengontrol berat badan

Sarapan mencegah fluktuasi besar kadar glukosa dalam darah yang dapat membantu mengendalikan nafsu makan. Selain itu, sarapan membuat kamu kenyang sebelum merasa benar-benar lapar.

  1. Sarapan meningkatkan daya kerja otak

Kalau kamu tidak sarapan, kamu bisa jadi merasa sedikit lesu dan kurang fokus, ini karena otak belum mendapatkan energi (dari glukosa) yang dibutuhkan untuk bekerja.

Rekomendasi Makanan untuk sarapan:

Buah-buahan segar, roti gandum, sereal gandum utuh dengan susu, tapi kalau kamu lebih suka makanan tradisional pilihannya bisa nasi goreng, nasi kuning, bubur atau lontong sayur. Yang penting sarapan ya!