31.5 C
Mataram
Sabtu, 23 November 2024
BerandaLombok TengahDinilai Berhasil Berikan Pelayanan Baik, DPRD Luwu Utara Lakukan Studi Tiru di...

Dinilai Berhasil Berikan Pelayanan Baik, DPRD Luwu Utara Lakukan Studi Tiru di PDAM Loteng

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Luwu Utara, Provinsi Sulawesi Selatan melakukan studi tiru di Perumda Air Minum Tirta Ardhia Rinjani Lombok Tengah (Loteng). PDAM Loteng dinilai telah menorehkan prestasi sebagai penerima penghargaan TOP BUMD Bintang empat dari Top Business.

Ketua Pansus DPRD Luwu Utara Aris Mustamin mengatakan, pihaknya memilih PDAM Loteng sebagai tempat studi tiru karena mampu penghargaan bintang empat Top BUMD Awards 2023 sebagai pembuktian atas capaian kinerja dan inovasi meningkatkan pelayanan kepada pelanggan.

“Penghargaan ini juga diikuti TOP CEO BUMD 2023, kepada Direktur Utama PDAM Lombok Tengah, Bambang Supratomo, dan TOP Pembina BUMD 2023 untuk Bupati Lombok Tengah Lalu Pathul Bahri,” ujarnya saat di Kantor PDAM Loteng.

Dikatakan, dalam pemahaman mereka, pasti ada sesuatu sehingga mendapatkan apresiasi dan tentunya ingin menggali lebih jauh dengan datang langsung ke kantor pusat PDAM Lombok Tengah. “Kami ingin menggali inovasi yang sudah dan sedang dilakukan dalam memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan,” katanya.

Dijelaskan, bahwa dari hasil kunjungan kerja ke PDAM Loteng pihaknya berharap agar nantinya dapat mendorong perusahaan daerah dan SKPD di Kabupaten Luwu Utara untuk bisa meniru inovasi. “Ini menjadi pelajaran kami dan akan kita dorong di Kabupaten Luwu Utara,” tandasnya.

Sementara itu, Direktur Umum dan keuangan PDAM Loteng Muhamad Luthfi menjelaskan, salah satu inovasi yang dilakukan pihaknya sebagai perumda adalah melalui layanan call center dengan merespon dengan cepat dan tepat aduan pelanggan.

“Kami langsung follow up ke lokasi dan kalau memang bisa dikerjakan di hari itu kita kerjakan langsung. Kami pasti merespons 1×24 jam,” jelas Muhammad Luthfi. Keberadaan call center ini berawal dari hujatan dan berbagai caci maki yang dilakukan oleh masyarakat sehingga kemudian terbentuklah layanan call center.

Pihaknya juga menjelaskan core value PDAM Lombok Tengah kepada seluruh rombongan yaitu ASIK (Akuntabel, Simple, Inovatif, dan Kolaboratif). Core value inilah yang ditanamkan kepada semua karyawan sehingga mereka hingga saat ini bisa meningkat kinerja karyawan yang berdampak pada perusahaan. “Alhamdulillah mulai dicanangkan tahun kemarin dan Alhamdulillah ada dampak luar biasa terhadap pengelolaan perusahaan,” tandasnya. (fhr)

- Advertisement -

- Advertisement -

Berita Populer