Mataram (Inside Lombok)- Hari Pelanggan Nasional yang jatuh setiap 4 September 2025. Momentum sekali tahun ini menjadi ajang pelaku usaha, terutama UMKM untuk mempererat hubungan dengan pelanggan sekaligus meningkatan kualitas pelayanan. Karena kepuasan pelanggan adalah investasi jangka panjang yang krusial untuk menentukan keberlanjutan bisnis.
Ketua Lombok Womenpreneur Club (LWC), Indah Purwanti, menyoroti pentingnya pelaku usaha, khususnya UMKM, untuk memprioritaskan kualitas pelayanan. Ia menegaskan, pelanggan bukanlah sekadar target, melainkan mitra yang harus diberi layanan terbaik agar loyal terhadap produk dan merek. “Pelanggan bukan sekadar target penjualan, melainkan mitra yang harus diberi pelayanan prima agar menjadi pelanggan setia. Menjaga kepuasan pelanggan tidak hanya soal pengusaha, tapi juga seluruh jajaran operasional,” ujarnya, Rabu (3/9).
Lebih lanjut, Indah menekankan pentingnya menjaga privasi pelanggan, terutama di era digital. Selain itu, ia mengingatkan kepada para pelaku usaha untuk selalu meminta izin sebelum mengunggah foto atau video bersama konsumen ke media sosial. “Hal ini tujuannya untuk menjaga kepercayaan dan kenyamanan mereka,” ucapnya. Ditambahkan, kualitas produk dan ketepatan layanan adalah pondasi utama dalam menjaga keberlangsungan usaha. Ia menilai, mencari pelanggan baru jauh lebih mudah daripada mempertahankan pelanggan lama. “Karena itu, kualitas produk dan ketepatan layanan harus selalu dijaga,” katanya.
Di sisi lain, media sosial kini menghadirkan tantangan baru bagi UMKM. Kritik dan keluhan pelanggan bisa dengan cepat menyebar. Kendati, hal tersebut dapat dilihat sebagai peluang untuk berbenah. Saat ada pelanggan yang komplain, maka wajib merespons cepat, meminta maaf, dan memberikan solusi. “Bahkan kami biasa memberikan kompensasi lebih besar agar citra usaha tetap baik. Pelanggan yang puas dengan penanganan komplain justru akan kembali berbelanja. saya berharap Hari Pelanggan Nasional ini menjadi momentum bagi para pelaku UMKM untuk meningkatkan profesionalisme,” demikian. (dpi)

