Larry Tesler, Penemu Fitur Copy Paste Wafat Pada Usia 74 Tahun

(Foto: ggwd.id)

Mataram (Inside Lombok) – Ilmuwan komputer, Larry Tesler, yang merupakan pencipta perintah cut, copy, dan paste dalam komputer wafat pada hari Senin (17/02/2020). Ia meninggal dunia di usia 74 tahun.

Larry lahir di Bronx, New York tahun 1945 dan pernah bersekolah di Stanford University, California. Ia memulai karirnya bekerja di Silicon Valley di awal tahun 1960 yang pada saat itu komputer belum bisa diakses oleh sebagian besar orang.

Dalam perjalanan karirnya, ia pernah bergabung di sejumlah perusahaan teknologi besar dunia. Bermula dari Xerox Palo Alto Research Center (Parc) pada tahun 1973 sebagai peneliti dan programmer.

Pada saat itu, Larry mengeluarkan inovasi terbaru fitur copy, cut, dan paste bersama Tim Mott dan lainnya untuk bahasa pemograman Gypsy.

Selanjutnya, di tahun 1980, Larry memutuskan untuk bergabung dengan perusahaan ternama Apple dan memberikan kontribusi dalam pengembangan Apple Lisa. Selama 17 tahun bergabung di Perusahaan Apple, Larry pernah menjabat sebagai VP of advanced technology dan chief scientist.

Pada tahun 1997, Larry meninggalkan Perusahaan Apple dan menjadi co-founder perusahaan Stagecast Software. Selain itu, ia juga pernah bergabung dengan perusahaan Amazon dan Yahoo.

Larry memutuskan untuk menjadi konsultan teknologi pada tahun 2009 dengan tujuan menyebarkan ilmu mengenai coding kepada generasi muda di Amerika.