Dispora Mataram Segera Bangun Fasilitas “Fitness” di MWP

Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Mataram, segera membangun fasilitas "fitnes" di samping selatan kolam baby salah satu fasilitas di areal MWP (Mataram Water Park) yang berada di belakang Tugu Bumi Gora, Jalan Udayana. Selain hari Sabtu dan Minggu, air kolam baby di kuras untuk menjaga kulitas. (Foto: Inside Lombok/ANTARA News/Nirkomala).

Mataram (Inside Lombok) – Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, dalam waktu dekat ini segera membangun fasilitas fitnes di area Mataram Water Park (MWP) sebagai upaya mewujudkan “Mataram sport city”.

“Selain itu, pembangunan fasilitas fitnes tersebut, agar bisa terintegrasi dengan MWP yang berada di belakang Tugu Bumi Gora, Jalan Udayana,” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Mataram Mansur┬ádi Mataram, Kamis.

Ia mengatakan untuk tahun ini fasilitas fitnes tersebut dialokasikan anggaran tidak lebih dari Rp200 juta untuk pembangunan fisik, sementara pengisian peralatan kebugaran akan diusulkan melalui anggaran berikutnya.

Fasilitas ruang fitnes di areal MWP tersebut akan dibangun di samping selatan kolam “baby”, dengan ukuran yang tidak terlalu besar namun cukup untuk memberikan ruang bagi masyarakat yang ingin berolahraga.

“Ruangannya tidak terlalu besar lah, minimal seperti ruang fitnes di Gelanggang Pemuda,” katanya.

Menurutnya, pemanfaatan ruang kebugaran tersebut bisa dipergunakan secara gratis bagi masyarakat, seperti halnya pemanfaatan MWP karena tujuan utamanya adalah bagaimana areal MWP bisa dikenal dan dimanfaatkan oleh masyarakat umum.

Selain itu, katanya, belum adanya rencana pemungutan biaya dalam pemanfaatan fasilitas di MWP, sebab sejauh ini tidak ada regulasi sebagai dasar hukum melakukan pungutan retribusi.

“Untuk itu, siapa pun yang datang ke MWP dan memanfaatkan fasilitas di areal tersebut tidak dipungut biaya alias gratis,” katanya.

Sementara itu, untuk mengawasi aktivitas masyarakat yang memanfaatkan MWP, Dispora setiap hari menyiagakan petugas, termasuk petugas kebersihan.

“Dengan demikian, areal MWP tetap bersih, terawat dan yang terpenting ada petugas yang mengawasi warga saat berenang untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan,” katanya. (Ant)