Lobar Sambut Rencana Perhelatan Olahraga Kelas Dunia, Ironman

Kepala Dispora Lobar, Ma'ad Adnan (Inside Lombok/Istimewa).

Lombok Barat (Inside Lombok) – Lombok Barat direncanakan masuk dalam salah satu rute pada penyelenggaraan Triathlon (rangkaian tiga cabang olahraga) kelas dunia, Ironman. Yang rencananya akan digelar pada bulan Juli tahun ini.

Kompetisi yang menggabungkan tiga cabang olahraga, mulai dari renang, lari, dan balap sepeda ini pun disambut baik oleh Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lobar. Ini dinilai sejalan dengan upaya Dispora bersama Dispar yang tengah menyusun kalender event sport tourism.

“Sebenarnya kan rencananya Ironman itu akan digelar 2020 kemarin, tapi karena covid-19 jadi digeser ke tahun 2021 ini” tutur Kepala Dispora Lobar, Ma’ad Adnan, belum lama ini.

Rute event itu rencananya akan melintasi tiga kabupaten/kota di NTB. Lobar, Mataram dan Loteng. Disebut Adnan, bahwa nantinya Lobar akan menjadi rute yang paling banyak dilewati karena lari dan bersepeda pun akan melalui Senggigi.

“Berenangnya nanti diseputaran Holiday Inn, larinya diseputaran Senggigi dan mulai bersepedanya juga di sana sampai ke Batujai (Loteng) melalui melewati jalur By Pass” bebernya.

Pihak Event Organizer (EO) Triathlon itu sendiri pun diakuinya sudah berkoordinasi dengan Gubernur dan Kapolda NTB. Apabila nantinya event tersebut dapat terlaksana sesuai rencana, tidak menutup kemungkinan Lobar akan merasakan dampak pariwisata. Lantaran, para atlet Triathlon dunia pun akan berkumpul di sana.

“Apabila covid-19 sudah berangsur membaik, pelaksanaannya sesuai rencana bulan Juli. Tapi kalau kondisinya masih sama seperti 2020, ya nanti akan ada kebijakan baru lagi” pungkasnya.

Selain itu, ia menyebut bahwa Dispora pun tengah mempersiapkan rangkaian event, mulai dari sunset colour run dan Senggigi Marathon, yang rencananya akan masuk dalam rangkaian perayaan HUT Lobar tahun ini.