Rizal, Timnas Asal Lombok Ini Bertanding dalam World Cup di Meksiko

Timnas HWC 2018 (Inside Lombok/ISTIMEWA)

Mataram (Inside Lombok) – Samsul Rizal (26) adalah salah satu timnas asal Lombok yang lahir di Abiantubuh akan turut ikut serta dalam pertandingan di Homeless World Cup (HWC) 2018 di Meksiko tanggal 13-18 November mendatang.

Timnas tiba di Meksiko pada hari Sabtu lalu (10/11/2018) dan dikabarkan saat ini sedang fokus untuk mempersiapkan pertandingan. Kabarnya timnas akan bertanding dua kali sehari pada 13 November besok ini melawan Polandia dan Prancis.

“Di Meksiko juga kita tetap menjaga kebugaran tubuh untuk menyesuaikan cuaca yang terkadang dingin dan panas, kita juga sudah mulai conditioning di taman yang ada di alun-alun Kota Mexico,” ujar Rizal, Senin (12/11/2018).

Ia juga mengatakan timnas sudah melakukan persiapan semenjak tanggal 28 September-7 November lalu di Yayasan Rumah Cemara, Bandung. Rumah Cemara tersebut merupakan organisasi berbasis komunitas, yang mana Rumah Cemara yang ditunjuk langsung sebagai Nasional Organizer.

“Kita kurang lebih selama 40 hari itu di lapangan terus pagi sore untuk mempersiapkan fisik, mental, teknis, dan nonteknis,” lanjutnya.

Rizal menceritakan bahwa perjalanannya untuk menjadi timnas HWC ini tidak mudah dan tidak pernah menyangka bisa terpilih. Ia sempat mengalami kegagalan saat mengikuti seleksi karena saingannya sangat kuat. Seleksi pertama ia coba di Bandung tahun 2016, kemudian mencoba lagi di Surabaya tahun 2017, dan tahun ini mencoba seleksi di Mataram.

“Alhamdulillah tahun ini apa yang saya niatkan dan cita-citakan bisa tercapai juga, mungkin ini hadiah buat saya,” ungkap Rizal.

Pertandingan HWC 2018 ini merupakan kesempatan emas bagi Rizal untuk merubah pandangan pemerintah dan masyarakat luas untuk tidak memandang sebelah mata dan mendiskriminasi pecandu narkoba karena masih bisa pulih dan berprestasi.

Namun, Rizal melihat bahwa kurangnya perhatian dan dukungan dari pemerintah terhadap timnas. Akan tetapi pada saat itu, untuk tiket ke Bandung ia diberikan oleh yayasan aksi NTB sehingga hanya bermodalkan tiket sampai Bandung untuk ikut berpatisipasi di HWC 2018. (IL4)