31.5 C
Mataram
Senin, 17 Juni 2024
BerandaPariwisataPermudah Wisatawan, Dishub NTB Berlakukan Sistem “One Gate Payment” di Tiga Gili

Permudah Wisatawan, Dishub NTB Berlakukan Sistem “One Gate Payment” di Tiga Gili

Mataram (Inside Lombok) – Guna mempermudah wisatawan yang datang dari Bali ke Tiga Gili (Trawangan, Meno, Air) di Kabupaten Lombok Utara, saat ini diberlakukan sistem one gate payment atau bayar satu kali. Artinya, wisatawan tidak perlu lagu membayar terpisah untuk tiket kapal cepat dan biaya masuk yang sebelumnya ditagihkan pihak terkait.

Kepala Dinas Perhubungan NTB, Lalu Moh Faozal mengatakan selama ini wisatawan yang datang dari Bali harus rela mengantre panjang untuk membayar biaya masuk dan lainnya. Namun dengan adanya sistem tersebut akan mempermudah, karena wisatawan cukup membayar satu kali.

“One gate payment sudah selesai. Sudah one gate payment satu kali bayar untuk semua pelayanan,” katanya, Selasa (23/1) siang. Sistem ini sudah mulai diberlakukan di 2024 ini. Selama pemberlakuan sistem baru, Dinas Perhubungan NTB mengaku belum ada keluhan dari wisatawan yang datang. “Sudah diberlakukan. Selama ini tidak ada keluhan,” ujarnya.

Beberapa pembayaran yang harus dikeluarkan wisatawan dari Bali ke Tiga Gili seperti sandaran kapal, kompensasi dan beberapa lainnya. Dengan penerapan sistem tersebut saat ini cukup membayar satu kali yaitu sebesar Rp20 ribu per orang.

- Advertisement -

“Mengumpulkan pembayaran dari sekian yang harus dibayar secara terpisah-pisah itu kan. Disana itu ada ada orang pariwisata. Dan ada yang lainnya,” ujarnya. Faozal mengatakan, dari pembayaran sebesar Rp20 ribu tersebut juga termasuk untuk membayar tiket masuk Tiga Gili.

Pemberlakukan one gate payment ini bisa mengurai antrian wisatawan yang datang. Pasalnya dalam sehari jumlah wisatawan yang datang ke Tiga Gili melalui Bali sekitar 2 ribu orang. Sedangkan jika pada hari-hari libur bisa mencapai 4 ribu orang wisatawan. (azm)

- Advertisement -

Berita Populer