6 Alternatif Pendakian Bagi Pencinta Ketinggian di Lombok

Bukit Lombok

Haloooo para pencinta ketinggian, apa kabar? Lagi galau ya? Sabar, Rinjani kan tutupnya sampai Maret saja. Tapi jangan khawatir, ada beberapa alternatif destinasi yang dapat kalian kunjungi atau daki selain Gunung Rinjani. Tempatnya tidak kalah menarik, pemandangannya juga tidak kalah indah dari Rinjani kok.

Berikut beberapa bukit di seputaran Lombok yang dapat kalian daki, jika  dalam kurun waktu tiga bulan ini kalian sangat rindu ketinggian:

  1. Bukit Nanggi

Bukit Nanggi merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di ketinggian kurang lebih 2.300 meter di atas permukaan laut (mdpl). Trek yang terus menanjak menjadi salah satu tantangan bagi pencinta ketinggian. Lumayan kan, tingginya hampir sama dengan Pelawangan Rinjani. Pemandangannya juga indah. Pendaki dapat melihat pemdanganan Gunung Rinjani dari puncak bukit ini.

bukitnanggi
bukit nanggi
  1. Bukit Sempana

Seperti namanya bukit ini terkenal dengan padang Savana yang luas disertai bukit-bukit kecil. Letaknya juga tidak jauh dari Bukit Nanggi, kalian hanya butuh waktu 3-4 jam buat trekking. Ke-alamian Bukit sempana masih sangat terjaga karena belum banyak yang tahu bahkan orang Lombok Sekalipun. Bukit ini baru dibuka secara umum tahun 2017 yang lalu.

  1. Bukit Pergasingan

Bagi pendaki kekinian, pasti sudah tahu tentang bukit gaul yang satu ini. Setiap akhir pekan banyak wisatawan atau pendaki yang berusaha untuk mencapai puncak bukit yang ada di lingkar Rinjani ini. berada di ketinggian kurang lebih 1.700 meter membuat bukit ini kian diminati para pendaki pemula. Meskipun kamu tidak dapat mendaki Rinjani saat ini, paling tidak Pergasingan dapat sedikit mengobati kerinduan kamu tentang ketinggian.

bukit pergasingan
Bukit pergasingan Rinjani
  1. Bukit Dandaun

Ada yang pernah dengar nama bukit ini? yup, memang di kawasan Sembalun, bukit yang terkenal adalah Nanggi dan Pergasingan. Namun tahukan kalian, kalau Bukit Dandaun juga tidak kalah memesona? Pemandangan berupa keindahan Sembalun dapat dinikmati secara keseluruhan dari bukit ini. bahkan puncak Rinjani, puncak Pergasingan da puncak Nanggi dapat terlihat jelas dari bukit ini. Pintu masuknya tidak jauh dari pintu masuk Nanggi atau Pergasingan. Jadi tempatnya ada di tengah-tengah. Pokoknya pemandangan dari bukit ini oke oce.

Bukit Dandaun
Bukit Dandaun Rinjani
  1. Bukit Kukus

Empat bukit yang sebelumnya berada di kawasan Sembalun. Sedangkan Bukit Kukus berada di kawasan Pringgasela. Meski demikian, bukit ini masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani. Bukit ini memang jarang dikunjungi wisatawan atau pendaki. Kebanyakan yang berkunjung adalah pendali lokal. Kenapa? Ya tahulah, jalan menuju destinasi ini rusak parah. Eh tapi sangat cocok bagi yang suka trabas-trabas gitu. Jalannya mameeeen, bikin perasaan tubuh naik turun. hehe

Setelah sampai di pintu pendakian, kalian tidak akan percaya dengan trek yang akan kalian lewati untuk mencapai puncak. Di kiri dan kanan serta depan dan belakang terlihat banyak pohon-pohon. Entah pohon apa namanya, yang jelas pohon-pohon yang berjejer rapi itu menjadikan perjalanan cukup menyenangkan. Bisa menjadi spot foto yang indah juga lho. Bukit yang berada di ketinggian 1.100 mdpl ini dapat menjadi destinasi kalian untuk mengobati rasa rindu bagi yang cinta ketinggian.

 

bukit kukus Pringgasela
Bukit kukus
bukit kukus
Bukit Kukus Pringgasela
  1. Bukit batu idung

Bukit yang terakhir adalah Bukit batu idung. Buat orang Lombok sendiri belum hits rasanya kalau belum berkunjung ke Bukit ini. Dari Kota Mataram kalian hanya butuh waktu kurang lebih 30 menit buat sampai ke pendakian bukit ini. Didominasi oleh jalan tanah dan bebatuan rasanya semua terbayar ketika kita sampai di Puncaknya. Indahnyaaaaaa !!

Batu idung
Batu idung instagram/@ariqginjall

Sebenarnya masih banyak bukit-bukit yang dapat didaki. Tapi sementara ini, kami rekomendasikan enam ini dulu yaa. Karena keenam destinasi ini sudah memiliki jalur yang resmi dan aman. Jadi kalian bisa mendaki sesuka hati dengan mengikuti jalur yang sudah disediakan.

Selamat mendaki. Bawa perlengkapan dan jaga diri jangan sampai ada inside(n) yaa. hehehe