Antisipasi Mudik Lebaran, ASDP Kayangan Lakukan Persiapan

35
Manager PT. ASDP Pelabuhan Kayangan, Selamet Riadi saat ditemui di ruangannya, Rabu (13/04/2022). (Inside Lombok/M.Deni Zarwandi)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Antisipasi lonjakan penumpang pada momen mudik lebaran, PT. ASDP Indonesia Ferry Cabang Kayangan lakukan persiapan jauh-jauh hari. Puncak mudik lebaran Idulfitri 1443 Hijriah sendiri diperkirakan jatuh pada 22 April-10 Mei 2022 mendatang.

Manager PT. ASDP Pelabuhan Kayangan, Selamet Riadi menuturkan pihaknya telah melakukan persiapan untuk mengantisipasi arus mudik lebaran. Seperti memantau ram check pelabuhan dari tanggal 6-12 April 2022 kemarin.

“Kita sudah melakukan Ram Check di Pelabuhan Kayangan, agar nantinya setelah mudik lebaran masyarakat dapat menggunakan jasa transportasi laut dengan selamat, aman, lancar, nyaman dan terkoordinasi,” terangnya saat ditemui di ruangannya, Rabu (13/04).

Sebanyak 27 armada kapal telah disiapkan PT. ASDP Kayangan untuk antisipasi mudik lebaran. Nantinya sebanyak 20 kapal akan beroperasi mengangkut penumpang setiap hari.

“Kapasitas kapal mampu menampung 300 penumpang dengan maksimal 1000 penumpang,” tuturnya.

Terdapat tiga skenario yang disiapkan pihak pelabuhan untuk antisipasi lonjakan penumpang pada arus mudik seperti arus normal, padat, dan sangat padat. Armada kapal yang beroperasi akan ditambah bila arus penumpang masuk pada skenario padat dan sangat padat.

“Pada arus normal kita siapkan 10 kapal, kalau pada kita tambah dua kapal untuk standby. Jika nantinya sangat padat kita bisa kerahkan sampai 17 unit kapal,” ucapnya.

Masing-masing kapal nantinya diberikan jeda bongkar muat selama 30 menit per kapalnya. Untuk itu jadwal keberangkatan kapal diharapkan sesuai jadwal sehingga mampu mengantisipasi adanya unsur kemacetan di dalam pelabuhan. (den)