Tidak Hanya Mangga Madu, Ini 13 Jenis Mangga yang Biasa Dikonsumsi Orang Indonesia

Mataram (Inside Lombok) – Sudah tahu belum? ada berapa banyak mangga selain mangga madu dan manalagi yang paling banyak kita kenal? Ternyata di Indonesia, buah mangga banyak ragamnya. Berbeda warna, berbeda bentuk, maka berbeda juga namanya. Ini adalah beberapa mangga yang ada di Indonesia.

1. Mangga Gedong Gincu, dikutip dari berbagai sumber, mangga jenis ini awalnya berasal dari Majalengka. Sejarahnya, konon dahulu kala, pada masa penjajahan, mangga tersebut biasanya jadi santapan para bangsawan Belanda yang tinggal di gedongan. Dan warnanya kemerahan menyerupai warna gincu.

2. Mangga Golek, nama tersebut katanya sesuai dengan bahasa darimana mangga tesebut berasal, yakni Probolinggo dan Pasuruan Jawa Timur. Dimana kata ‘golek’ dalam bahasa Jawa berarti cari. Dikutip dari femina.co.id, katanya sih kenapa dinamakan Mangga Golek, karena biasanya setelah sekali mencicipi, banyak orang ingin mencari lagi dan lagi.

3. Mangga Kuweni, buah mangga ini memiliki nama latin Mangifera Odorata. Yang membedakannya dengan jenis mangga lain adalah aroma khasnya yang sangat kuat, bahkan bisa tercium saat sebelum dikupas.

4. Mangga Lali Jiwo, ini merupakan jenis mangga endemik dari pulau jawa. Dengan nama latin, mangifera lalijiwa. Sesuai dengan namanya yang diambil dari bahasa jawa, ‘Lali’ berarti lupa dan ‘jiwo’ berarti jiwa. Konon, orang yang memakan mangga jenis ini bisa dibuat lupa diri oleh kelezatan buahnya.

5. Mangga Cengkir ini juga dikenal dengan mangga Indramayu. Jenis ini masuk dalam kategori mangga paling enak karena rasanya yang manis dan aromanya yang khas. Sehingga penggemarnya cukup banyak di Indonesia.

6. Mangga Alpukat, mangga jenis ini mulai terkenal sejak 2018 lalu. Mangga alpukat ini merupakan hasil persilangan dari mangga gadung atau harum manis dan mangga madu.

7. Mangga Garifta Merah, jenis ini dikenal memiliki perpaduan warna yang menarik. Karena adanya perpaduan antara merah, kuning, orange dan hijau, dengan cita rasa yang begitu manis.

8. Mangga Irwin, Mangga yang berasal dari Australia ini, kini sudah mulai banyak dibudidayakan juga oleh para petani mangga di Indonesia. Harganya yakni sekitar Rp 120.000 perkilonya. Mangga ini memiliki warna yang cantik, kulitnya akan ungu mengkilap ketika buah sudah matang.

9. Mangga Kiojay, mangga ini sebenarnya merupakan mangga yang berasal dari Thailand, namun cukup familiar di Indonesia. Berat untuk satu buah saja, bisa mencapai hingga 2kg sehingga mangga ini juga dijuluki mangga raksasa.

10. Mangga harum manis atau yang biasa juga dikenal dengan mangga gadung, merupakan mangga asli Indonesia. Mangga asal Probolinggo dan Majalengka ini cukup banyak digandrungi, lantaran rasanya yang manis dan aromanya yang sangat khas.

11. Mangga Manalagi, Situbondo, Jawa Timur menjadi daerah dengan penghasil mangga manalagi terbesar di Indonesia. Rasanya buahnya seperti perpaduan antara mangga harum manis dengan mangga golek. Mangga ini disebut manalagi karena banyak orang yang setelah memakannya ingin lagi dan lagi.

12. Mangga Madu, mangga jenis ini terkenal dengan rasa manisnya yang katanya menyerupai madu. Mangga ini memiliki ukuran buah yang tidak terlalu besar, tetapi mangga ini memiliki keunikan, walaupun belum matang sempurna, buahnya akan memiliki rasa manis ketika sudah muncul warna kekuningan di bagian dalam buah.

13. Mangga apel, mangga ini awalnya berasal dari Singapura, tetapi saat ini sudah banyak dibudidayakan di Indonesia.