32.5 C
Mataram
Selasa, 30 April 2024
BerandaBerita UtamaLobar Kekurangan 1.000 Dosis Vaksin untuk Nakes

Lobar Kekurangan 1.000 Dosis Vaksin untuk Nakes

Lombok Barat (Inside Lombok) – Vaksinasi Tenaga Kesehatan (Nakes) di Lombok Barat sudah berjalan 80 persen. Dengan data vaksinasi tahap pertama diikuti oleh 1.796 Nakes.

“Kami saat ini sedang bergerak untuk menyelesaikan vaksin ke-dua bagi Nakes yang sudah menjalani vaksin pertama” kata Kabid P3KL Dikes Lobar, dr. Ahmad Taufik Fathoni, Senin (15/02/2021).

Namun, dengan adanya aturan terbaru dengan diperbolehkannya penyintas covid-19 yang sudah dinyatakan negatif dengan jangka waktu minimal sudah tiga bulan. Kemudian orang yang hypertensi yang boleh divaksin tidak lagi yang tekanan darahnya 140/90 tapi sekarang sudah naik menjadi 180/110. Lalu ibu menyusui yang juga sekarang sudah memperoleh rekomendasi untuk divaksin. Maka ini menyebabkan stok vaksin untuk Nakes di Lombok Barat mengalami kekurangan.

“Karena itu banyak dan jumlahnya hampir 500 an, akhirnya kami belum berani menjalankan aturan yang baru. Dan hanya melanjutkan vaksin ke-dua dulu untuk saat ini” ungkapnya.

- Advertisement -

Ia pun mengakui jika aturan baru itu langsung dilaksanakan saat ini, maka vaksinasi ke-dua untuk Nakes yang sudah menjalani vaksin pertama ditakutkan tidak mampu memenuhi jumlah yang dibutuhkan.

“Mungkin saja minggu ini bisa selesai vaksin ke-dua. Setelah itu kami akan berhitung berapa yang akan disuntikkan untuk yang masuk dalam kriteria baru ini” imbuhnya.

Namun hal itu dipastikan tidak akan menganggu jadwal vaksinasi tahap kedua untuk ASN, kemudian juga TNI-Polri pelayan publik dan rencananya juga akan diberikan untuk wartawan. Karena jatah untuk vaksinasi tahap kedua, disebutnya, akan memiliki jatah yang berbeda.

- Advertisement -

Berita Populer