25.5 C
Mataram
Sabtu, 21 September 2024
BerandaMataramPemkot Mataram Siap Bagi-bagikan 81 Ekor Hewan Kurban

Pemkot Mataram Siap Bagi-bagikan 81 Ekor Hewan Kurban

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Kota (Pemkot) Mataram mulai mempersiapkan hewan kurban yang akan dipotong saat Iduladha atau Hari Raya Kurban mendatang. Di mana ada 81 ekor hewan kurban yang disiapkan untuk dibagi-bagikan ke masyarakat.

Asisten I Setda Kota Mataram, Lalu Martawang mengatakan penyiapan hewan kurban tidak saja di Setda Kota Mataram, melainkan juga di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD). Dirincikan, dari 81 ekor tersebut terdiri dari 17 ekor sapi dan 64 ekor kambing. “Itu dari Pemkot Mataram. Tidak tahu mungkin nanti Pak Jokowi ngirimin kita kan,” katanya.

Ia mengatakan, pemotongan hewan kurban ini nantinya akan dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH) yang ada di Kota Mataram. Namun secara simbolis, penyerahan hewan kurban nanti akan dilakukan usai melaksanakan salat id. “Teknis itu nanti diatur bagian kesra dan akan dikomunikasikan dengan bapak ibu camat,” katanya.

Pemkot Mataram beberapa tahun terakhir sudah tidak lagi memotong hewan kurban di halaman kantor. Hal ini dilakukan untuk menjamin daging kurban yang akan dibagikan kepada masyarakat sehat, halal, dan aman sehingga layak dikonsumsi. “Kan kalau di situ kan dijamin segala hal lah. Peralatan, kesehatan dan lainnya. Tapi kami sudah menugaskan untuk Dinas Pertanian untuk melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban,” katanya.

- Advertisement -

Pengecekan yang dilakukan Dinas Pertanian Kota Mataram, tidak saja hewan kurban milik Pemda, melainkan di hewan kurban milik masyarakat. “Silahkan masyarakat berkebutuhan untuk dilakukan pengecekan hewan kurban hubungi Dinas Pertanian,” katanya. (azm)

- Advertisement -


Berita Populer