Air Bendungan Pengga Tak Bisa Penuhi Kebutuhan Air SPAM Mandalika

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Mandalika di bendungan Pengga Desa Pelambik kecamatan Praya Barat Daya sedang dalam proses tender.

Pembangunan SPAM yang akan mensuplai kebutuhan air bersih di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika tersebut rencananya akan dilakukan dalam waktu dekat setelah tender selesai.

“SPAM Mandalika tahun ini dibangun di bendungan Pengga untuk mendukung MotoGP. Sekarang masih tender di pusat,”kata Direktur Utama Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Lombok Tengah, H. Lalu Kitab, Selasa (16/2/2021) di Praya.

Kementerian Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) menyiapkan anggaran mencapai Rp 200 miliar untuk pembangunan SPAM Pengga. Di satu sisi, air di Bendungan Pengga ini tidak mencukupi untuk kebutuhan air bersih di KEK Mandalika.

SPAM Mandalika berkapasitas 250 liter per detik yang terbagi  200 liter untuk kebutuhan air di kawasan Mandalika dan 50 liter untuk kebutuhan air masyarakat di sekitar Mandalika.

Sehingga akan diupayakan untuk mencari sumber mata air dari wilayah utara untuk mencukupi kebutuhan air di KEK Mandalika.

“Ada untuk masyarakat 50 liter per detik. Sumber air dari SPAM dan ada suplai dari yang lain,”ujarnya.

Sementara kondisi debit air di Lombok Tengah saat ini masih turun naik. Kekuatan air yakni 500 liter per detik karena sedang musim hujan.

“Ya kondisinya masih turun naik. Kekuatan 500 meter per detik itu untuk memenuhi 54 ribu pelanggan,”jelas Lalu Kitab.