Bandara Lombok Raih Predikat Bandara Bersih dari Kemenkes

22
General Manager Bandara Lombok, Rahmat Adil Indrawan saat menerima penghargaan dalam acara penghargaan Bidang kesehatan Lingkungan (Inside Lombok/Ist)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Bandara Lombok berhasil meraih predikat sebagai Bandar Udara Sehat Tahun 2022 dari Kementerian Kesehatan RI. Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono dalam ajang “Pemberian Penghargaan Bidang Kesehatan Lingkungan Tahun 2022” yang digelar di Jakarta, Rabu (23/11/2022).

Direktur Utama PT Angkasa Pura I Faik Fahmi, mengatakan Penganugerahan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat telah digelar sebanyak lima kali sejak tahun 2014 sebagai agenda rutin dua tahunan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan.

“Penghargaan ini merupakan yang ketiga kalinya diraih oleh Bandara Lombok setelah sebelumnya didapatkan pada tahun 2018 dan 2020 lalu,” katanya, Rabu (23/11/2022).

Ia menjelaskan, Aspek dan indikator yang dinilai dalam penghargaan ini adalah dalam hal penyelenggaraan kesehatan lingkungan, penataan sarana dan fasilitas, peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, peningkatan keselamatan dan kesehatan kerja, peningkatan keamanan dan ketertiban, serta aspek kelembagaan.

“Proses penilaian dilakukan melalui presentasi secara virtual dan didukung dengan dokumentasi video serta verifikasi lapangan oleh tim penilai dari Kementerian Kesehatan, Kementerian Perhubungan, dan profesional,” katanya.

Fahmi membeberkan, ada enam bandara PT Angkasa Pura I berhasil meraih predikat sebagai bandar udara sehat tahun ini. Penghargaan ini merupakan bentuk pengakuan atas prestasi dan komitmen kami dalam penyelenggaraan bandar udara sehat di seluruh area bandara.

“Hal ini menjadi motivasi untuk terus menjamin terciptanya budaya dan lingkungan yang sehat secara konsisten seluruh bandara milik Angkasa Pura I,” imbuhnya.

Sementar itu, Ganeral Manager Bandara Lombok Rahmat Adil Indrawan menyampaikan, terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung upaya dan komitmen Bandara Lombok dalam menciptakan lingkungan bandar udara yang sehat, aman, nyaman, dan bersih.

“Kami yakin penghargaan ini dapat menjadi motivasi untuk terus meningkatkan kebersihan dan kesehatan di lingkungan Bandara Lombok,” ujarnya.

Sebagai informasi, Penghargaan ini merupakan apresiasi Kementerian Kesehatan atas dukungan dan komitmen bandar udara dalam mewujudkan lingkungan sehat yang memenuhi kriteria sesuai Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 44 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pelabuhan dan Bandar Udara Sehat.

Selain Bandara Lombok, ada lima bandara kelolaan PT Angkasa Pura I lain yang berhasil mendapat predikat Bandar Udara Sehat 2022, yaitu Bandara Jenderal Ahmad Yani Semarang, Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Bandara Juanda Surabaya, Bandara Adi Sumarmo Surakarta, dan Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan. (fhr)