Buwun Sejati Jadi Salah Satu Desa Rintisan Pariwisata Terbaik se-Indonesia

Salah satu destinasi wisata di Desa Buwun Sejati (Inside Lombok/ist)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Desa Wisata Buwun Sejati, Kecamatan Narmada, Lombok Barat berhasil meraih posisi lima besar dalam kategori Desa Wisata Rintisan, dalam ajang Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022. Penghargaan itu diberikan langsung oleh Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, Budie Arie Setiadi di Gedung Sapta Pesona, Kemenparekraf RI, Jakarta Pusat, Minggu (30/10/2022) malam.

“Saya merasa bangga dan terharu bisa mewakili Desa Buwun Sejati untuk menerima piala penghargaan di panggung megah ini. Alhamdulillah Desa Buwun Sejati mendapat juara 5 Kategori Desa Rintisan,” kata Ketua Pokdarwis Desa Buwun Sejati, Saefudin Zohri saat menerima penghargaan tersebut. Pihaknya pun berharap penghargaan yang diterima menjadi jalan agar Desa Buwun Sejati bisa terus berkembang sebagai destinasi wisata.

Senada, Kepala Desa Buwun Sejati, Muhidin juga mengungkapkan rasa syukur dan bangganya atas prestasi tersebut. Menurutnya, capaian ini menjadi cerminan agar Buwun Sejati lebih maju lagi.

“Saya yakin desa yang maju akan berdampak ke peningkatan ekonomi masyarakatnya,” ungkap Muhidin.

346a846b b99d 4d97 96c7 26810e0984e2
Kades dan Ketua Pokdarwis Desa Buwun Sejati saat menerima penghargaan, Minggu (30/10/2022). (Inside Lombok/Istimewa)

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H. M. Fajar Taufik mengatakan ini adalah tahun kedua desa di Kabupaten Lombok Barat masuk dalam 50 desa wisata terbaik di seluruh Indonesia dalam kompetisi ADWI yang digelar Kemenparekraf.

“Pada ADWI 2021 lalu, Desa Sesaot dinobatkan sebagai juara 4 pada kategori penerapan CHSE. Alhamdulillah tahun ini Lombok Barat melalui Desa Buwun Sejati berhasil meraih penghargaan pada kategori Desa Wisata Rintisan,” ujar Fajar usai acara.

Ia berharap melalui prestasi di ADWI ini bisa jadi pemicu pariwisata yang lebih baik lagi bagi Kabupaten Lombok Barat. “Semoga ini menjadi motivasi dan semangat bagi desa wisata lain untuk lebih mengembangkan semua potensi yang dimiliki,” harapnya.

b5fa63c4 2fa7 4d08 8b12 1faef36a3e34

Di Malam Anugerah Desa Wisata Indonesia 2022 kemarin, Menteri Pariwisata, Sandiaga Uno menyampaikan ucapan selamat kepada 50 desa wisata terbaik penerima penghargaan. Ke lima puluh desa wisata ini berhasil menjadi yang terbaik dari lebih 3.419 desa wisata yang berpartisipasi dalam ajang ADWI tahun ini.

“Saya ingin menyampaikan rasa terima kasih kepada 3.419 desa wisata yang telah mengikuti ADWI 2022 dari 34 provinsi. Saya ingin memberikan apresiasi khusus kepada para pemerintah daerah yang telah menggali potensi desa wisata ke depannya,” papar Sandi.

Dalam ajang ADWI ini terdapat tujuh aspek penilaian untuk desa terbaik. Di antaranya, desa wisata terbaik kategori Daya Tarik Pengunjung, Homestay, Toilet Umum, Souvenir, Digital dan Kreatif, CHSE, dan Kelembagaan. Serta empat kategori tambahan Desa Wisata Rintisan, Desa Wisata Berkembang, Desa Wisata Maju, dan Desa Wisata Kelembagaan.

Masing-masing pemenang mendapatkan hadiah uang tunai untuk pengembangan desa. Desa wisata juara harapan 2 mendapat hadiah sebesar Rp15 juta, juara harapan 1 mendapatkan Rp20 Juta. Sementara juara 3 mendapatkan hadiah sebesar Rp25 juta, juara 2 Rp30 juta, juara 1 Rp40 juta. Dan Desa wisata terfavorit memperoleh hadiah sebesar Rp50 juta. (yud)