Capaian KB di Lombok Tengah Melambat

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Lombok Tengah mencatat, capaian peserta KB di Lombok Tengah sebanyak 16.549 orang hingga Juni 2020. Sementara target capaian peserta KB pada tahun 2020 sebanyak 34.991 orang.

“Capaiannya masih sedikit karena kemarin terkendala Covid-19”,kata Kepala DP3AP2KB Lombok Tengah, H.Muliardi Yunus, Selasa (21/7/2020).

Dia menjelaskan, selama tiga bulan masa pandemi Covid-19, pelayanan KB tidak maksimal karena menghindari kontak fisik antara petugas kesehatan dan peserta KB.

“Ada pelayanan tapi tidak maksimal. Karena bidan tidak boleh sentuh lengan pasien”, katanya.

Atas hal ini, terjadi penurunan kepesertaan KB sekitar 10 persen dari yang biasa dilayani setiap bulan.

Adapun untuk saat ini pelayanan KB sudah normal kembali. Pada bulan Juni lalu, pihaknya juga melaksanakan pelayanan KB sejuta aseptor serentak di seluruh Indonesia. Sehingga capaian kepesertaan KB bisa di angka 16 ribu lebih.

“Jatah kita terbanyak dan pencapaian kita juga terbanyak kemarin”,ujarnya.

Di samping itu, DP3AP2KB juga terus menekankan pentingnya KB bagi masyarakat. Karena tidak dipungkiri bahwa masih banyak masyarakat yang tidak ingin ber KB. “Karena ingin punya anak banyak”,imbuhnya.