Pemerintah Siap Bangun Ratusan Homestay Dukung MotoGP 2021

Sejumlah orang di Pantai Mandalika Nusa Tenggara Barat. (Inside Lombok/ANTARA/HO-Birkom Kemenparekraf)

Lombok Tengah (Inside Lombok)- Sebanyak 359 unit home stay atau rumah singgah kelas internasional akan segera dibangun di sekitar Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika.

“Itu (program) dari Kementerian Pekerjaan Umum”,kata Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Perkim) Kabupaten Lombok Tengah, Lalu Rahadian belum lama ini di Praya.

Dikatakan, Kementerian PU sudah turun melakukan verifikasi dan validasi terhadap warga penerima bantuan home stay tersebut.

Dia menjelaskan, dari 359 unit tersebut, ada yang dibangun baru dengan nilai mencapai Rp180 juta per unit. “Karena ini kelasnya internasional”, terangnya.

Selain itu, ada juga peningkatan kualitas dengan anggaran sebesar Rp90 juta per unit dan pembangunan rumah di akses jalan utama KEK Mandalika atau koridor senilai Rp35 juta.

“Tapi saya kurang pasti berapa jumlah masing-masing”,kata Rahadian.

Homestay yang akan dibangun ini sebelumnya adalah Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) milik masyarakat yang disulap menjadi rumah singgah yang siap ditinggali wisatawan, khususnya saat gelaran event MotoGP 2021 nanti.

“Ini akan segera dibangun. Sekarang sedang pelatihan tukang karena syaratnya tukang harus sudah sertifikasi”,katanya.