Home Berita Utama Dana Kelurahan Sebesar Rp18 Miliar di Kota Mataram Segera Cair?

Dana Kelurahan Sebesar Rp18 Miliar di Kota Mataram Segera Cair?

Kabag Pemerintahan Setda Kota Mataram I Made Putu Sudarsana.

Mataram (Inside Lombok) – Pemkot Mataram akan memberikan dana kelurahan dengan total sebesar Rp18 miliar. Dana itu akan dibagikan kepada 50 kelurahan yang ada di Kota Mataram.

“Masing-masing bisa dapat sekitar Rp370 juta. Nanti akan digunakan untuk sarana dan prasarana serta untuk pemberdayaan masyarakat,” ujar Kabag Pemerintahan Setda Kota Mataram I Made Putu Sudarsana, di Mataram, Kamis (02/05/3/2019).

Besaran nilai yang diberikan kepada masing-masing kelurahan merata. Kelurahan akan dibantu dan diawasi dalam menggunakan uang negara itu. Tujuannya agar tidak terjadi penyelewengan anggaran yang sudah diberikan.

“Sesuai julkak (petunjuk pelaksanaan, red) dan juknis (petunjuk teknis, red). Nanti pertanggungjawabannya itu berjenjang,” ujarnya.

Pertanggungjawaban dana kelurahan itu dimulai dari lurah, kemudian camat dan pengawas. Semua lurah diharapkan menggunakan anggaran itu sesuai dengan peruntukannya di dalam juklak dan juknis yang sudah ditetapkan.

“Jadi tidak bisa keluar itu dari dua hal itu. Yaitu sarana dan prasarana dan pemberdayaan masyarakat,” ujarnya.

Hingga saat ini anggaran dana kelurahan itu masih belum dicairkan. Namun anggarannya sudah ada disiapkan.

“Kita masih belum tau kapan pastinya pencairan dana kelurahan itu. Tapi yang pasti dananya itu sudah ada disiapkan,” ujarnya.