Desa Lantan Siap Sambut Pembangunan Kereta Gantung Rinjani

433
Ilustrasi kereta gantung. (Image source : Kompas.com)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Rencana pembangunan kereta gantung dari Desa Lantan menuju kaki Gunung Rinjani akan segera direalisasikan. Terlebih telah ada lampu hijau dari pemerintah pusat dan Pemerintah Provinsi NTB yang diberikan pada investor.

Menyambut rencana tersebut, Kepala Desa Lantan, Erwandi mengatakan pihaknya menyambut baik dan mendukung rencana pembangunan kereta gantung tersebut. “Kami Pemerintah Desa Lantan siap mendukung penuh dan siap bermitra, dari sisi ketertiban, keamanan, kebermanfaatannya dan dukungan dari persiapan SDM,” katanya saat dikonfirmasi, Kamis (29/6/2022).

Dikatakan Erwandi, dengan potensi yang dimiliki Lombok tengah khususnya Desa Lantan diharapkan dapat mendukung pergerakan ekonomi masyarakat, terutama dari sektor pariwisata. Terlebih Lantan memiliki cukup banyak potensi alam seperti 24 air terjun yang akan menambah bonus para pendaki Rinjani nantinya jika kereta gantung terealisasi.

“Akses untuk menuju Rinjani melalui Desa Lantan lebih dekat dibandingkan desa lain, tidak memutar karena posisi Desa Lantan berada di tengah, mengapit desa sekitar,” ujarnya. Di sisi lain, pembangunan akses menuju Desa Lantan kini dalam tahap pelebaran dan pembangunan jembatan sedang dalam pengerjaan yang ditarget rampung November mendatang.

Erwandi berharap dengan keberadaan kereta gantung nantinya akan menambah kunjungan wisata ke NTB dan Lombok Tengah secara umum. Khususnya berdampak kepada pemulihan perekonomian masyarakat di Desa Lantan secara khusus, terlebih pasca-pandemi Covid-19. (fhr)