Dishub NTB Matangkan Persiapan Arus Lalu Lintas Saat Event MXGP

33
Pembahasan arus lalu lintas selama event MXGP (Inside Lombok/Azmah)

Mataram (Inside Lombok) – Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perhubungan Provinsi NTB kembali gelar persiapan terkait arus lalu lintas selama Event Internasional MXGP pada tanggal 24 – 26 Juni 2022.

Kepala Dishub NTB, H. Lalu M. Faozal, S.Sos Senin (20/6) menjelaskan, sektor perhubungan meliputi jalur darat, jalur laut dan jalur udara sudah dipersiapkan secara matang. Pada jalur Udara mulai sejak tanggal 19 Juni 2022 sudah masuk semua logistik untuk MXGP dari BIZAM menuju Sumbawa melalui jalur darat.

“Ada 12 kontainer yang sudah berangkat dan tiba pukul 19.00 malam dan kelengkapan semua peserta telah tiba di Sumbawa,” jelas Kadishub Provinsi NTB setelah Rapat Koordinasi Kesiapan Sektor Perhubungan Mendukung Sukses MXGP 2022.

Ia juga menjelaskan terkait jalur penerbangan, kru dari Infront dimulai dari tanggal 23 Juni 2022. Selanjutnya untuk airlines yang digunakan untuk kru dari Infront dimulai dari tanggal 23 Juni menggunakan Lion Air di carter dari Jakarta – Lombok, Wings Air dari Lombok ke Sumbawa.

“Kemudian kepulangannya dari Sumbawa ke Jakarta – Lombok – Jakarta dengan Nam Air itu satu flight dari sumbawa langsung ke jakarta, kemudian dengan wings air menuju ke Lombok, Lombok menuju ke jakarta kita cater Air Asia,” jelasnya,

Pada jalur laut telah disiapkan sebanyak 27 Kapal telah siap di penyeberangan Kayangan, Poto Tano selama 24 jam. kemudian, disediakan 2 unit Kapal Cepat yang akan beroperasi dari Labuan Lombok menuju ke Badas.

Selain itu, pada jalur darat telah disiapkan sebanyak 40 unit shuttle bus diantaranya 30 unit di Terminal Sumer Payung dan 10 unit di Terminal Badas yang akan dioperasionalkan secara free pada tanggal 23 – 26 Juni 2022.

“Kesiapan – kesiapan di moda transportasi yang lain telah disiapkan moda Anggota Sewa Khusus (ASK) sebanyak 185 unit moda ASK akan operasional dari Bandara ke Venue, Bada ke Venue,” jelasnya. (azm)