Dispar Lotim Bantah Tudingan Tempat Wisata Dibuka

Lombok Timur (Inside Lombok) – Dinas Pariwisata Kabupaten Lombok Timur (Dispar Lotim), bantah adanya informasi di media sosial yang mengatakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Lombok Timur mulai dibuka.

Kepala Dinas Pariwisata Lotim, H Mugni menegaskan, bahwa sampai saat ini belum ada destinasi wisata yang mulai dibuka ditengah pandemi covid-19. Ia menambahkan, dalam situasi wabah covid-19 sulit bagi pemda untuk menyatakan pariwisata tersebut dibuka.

“Informasi di salah satu platform media sosial tersebut tidak benar, sampai saat ini belum ada satupun wisata yang dibuka,” jelasnya.

Pihaknya akan membuka kembali pariwisata dengan menerapkan tatanan new normal di bidang pariwisata. Sebelumnya, ia mengadakan pertemuan dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Kabupaten Lombok Timur.

“Kami telah mengadakan pertemuan dengan pokdarwis di Kabupaten Lombok Timur, dalam rangka menjelaskan kepada pokdarwis tentang new normal yg akan berjalan di lombok timur khususnya dibidang pariwisata,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam pertemuan dengan penggiat wisata atau pokdarwis tersebut, juga dalam rangka meningkatkan kapasitas dari pengurus pokdarwis di masing-masing desa. Dimana tujuan utama dari adanya pokdarwis tersebut adalah untuk menjalankan sapta pesona. Salah satunya yakni menjaga kebersihan dan keindahan destinasi wisata.

“Kami belum bisa memastikan kapan pariwisata dibuka kembali, tentunya dengan memberlakukan prilaku sesuai standar new normal,” pungkasnya.