Dukcapil Lotim Jamin Ketersediaan Belangko KTP-E Selama Dua Bulan Ke Depan

Lombok Timur (Inside Lombok) – Ketersediaan belangko untuk pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-E) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Lombok Timur masih aman sampai dengan dua bulan ke depan.

Hal tersebut disampaikan, Saiful Azkari selaku Kepala Bidang Pelayanan pendaftaran Penduduk Dukcapil Lotim bahwa jumlah ketersediaan belangko di Disdukcapil saat ini sekitar 10.000 belangko.

Dengan ketersediaan stok belangko tersebut, Dikatakam Azkari masih aman sampai dua bulan ke depan.

“Kita tetap menjaga ketersediaan stok belangko dengan memberikan jatah 100 keping per UPT kecamatan. Kalau itu habis, UPT bisa ke sini lagi mengambil belangko,” jelasnya kepada Inside Lombok, Jumat (10/04/2021).

Kata dia, dengan adanya ketersedian blangko tersebut, nantinya akan digunakan untuk pencetakan berupa pembuatan KTP-E baru, penerbitan KTP-E penduduk pindahan, dan penerbitan KTP-E yang mengalami perubahan elemen data.

“Perubahan elemen data termasuk yang mengganti status di KTP-nya,” tuturnya.

Tak hanya itu, masyarakat juga bisa mengganti foto KTP-nya. Terkecuali masyarakat tidak bisa mengganti sidik jari hasil perekaman awal dikarenakan sudah terdaftar dalam sistem.

“Kalau mengganti foto bisa, kecuali mengganti sidik jari baru tidak bisa,” katanya.