Embung Kandong Juara Tiga Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional

Lombok Timur (Inside Lombok) – Lomba perpustakaan desa/kelurahan tingkat nasional, perwakilan NusaTenggara Barat (NTB) yaitu Desa Embung Kandong, Kecamatan Terara, Kabupaten Lombok Timur (Lotim). Desa ini berhasil mendapat juara ketiga pada ajang tersebut di kategori klaster C.

Pengumuman juara lomba tersebut diumumkan secara virtual yang diikuti langsung oleh Sekretaris Daerah Lotim dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD), pada Selasa (20/10).

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Lotim, H Marwan menyampaikan, poin keberhasilan dari Desa Embung Kandong adalah kegigihan kepala desanya dalam pengelolaan perpustakaannya, guna terciptanya perpustakaan yang efektif.

“Poin penting yang dimiliki perpustakaan Embung Kandong adalah keaktifan kepala desanya,”ujarnya.

Dikatakannya, walaupun lokasi perpustakaan desa yang dimiliki Desa Embung Kandong berada jauh dari pemukiman padat penduduk. Namun, berkat dari kegigihan dari kepala desa setempat mampu membuat dan membangkitkan keinginan masyarakat untuk berkunjung serta mengakses layanan di perpustakaan.

“Walaupun perpustakaan jauh dari pemukiman tapi tidak menyebabkan minim akan kunjungan,” ucapnya.

Marwan berharap, dengan keberhasilan Perpustakaan Desa Embung Kandong di tingkat nasional tersebut, bisa menjadi motivasi bagi desa lainnya di Lotim dalam hal pengelolaan perpustakaannya. Dan juga diharapkan berimbas terhadap peningkatan kualitas sumber daya manusia.

“Semoga dengan ini desa lainnya di Lotim bisa termotivasi,” harapnya.