Grup Lion Air Tak Lagi Gratiskan Bagasi Penumpang, Ini Alasannya

Mataram (Inside Lombok) – Mulai tanggal 8 Januari 2019 Grup Lion Air akan menghapus kebijakan pemberian bagasi secara gratis. Kabar ini disampaikan oleh manajemen masing-masing perusahaan kepada seluruh agen perjalanan. Diketahui sebelumnya maskapai penerbangan Lion Air memberikan bagasi gratis untuk 20 kg dan Maskapai Wings Air memberikan 10 kg.

Dalam surat edaran yang dikeluarkan Kamis (03/01/2019) kemarin menjelaskan bahwa, per tanggal 8 Januari 2019 tidak akan ada lagi jatah bagasi gratis untuk penumpang dan diharapkan bagi penumpang yang membawa bagasi untuk segera membeli voucher. Sedangkan, untuk bagasi kabin penerbangan Lion Air juga membatasi maksimal 7 kg per penumpang.

Tertulis di dalam surat edaran itu, bagi penumpang yang membawa bagasi dapat langsung membeli voucher bagasi melalui travel agent, website Lion Air atau kantor penjualan Lion Air Group. Peraturan ini berlaku untuk semua penerbangan rute domestik.

Selain itu juga, dalam surat edaran dijelaskan bahwa pembelian voucher bagasi dapat dilakukan sebelum ataupun sesudah issued tiket. Pihak Lion juga mengaku pembelian voucher bagasi akan lebih murah dibandingkan biaya kelebihan bagasi.

Voucher bagasi atau prepaid baggage dapat dibeli paling lambat 6 jam sebelum jam keberangkatan.

Alasan Lion Air Grup mengeluarkan kebijakan itu di karena kan biaya operasional yang terlalu tinggi dan harga dolar AS yang juga tinggi atau naik.