Gempa Magnitudo 5,8 Kembali Guncang Lombok

(Sumber foto: BMKG)

Lombok Timur (Inside Lombok) – Gempa berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang Lombok Timur dan sekitarnya pada Minggu siang (17/03/2019) pukul 14.07 WIB. Banyak warga yang merasa trauma dan menyebut gempa kali ini dengan sebutan gempa Minggu simbit (seram, red).

Selang dua menit kemudan, pukul 14.09 WIB, gempa susulan terjadi dengan Magnitudo 5,2 di titik episenter yang berbeda.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat kedalaman gempa Magnitudo 5,8 adalah 10 kilometer di bawah permukaan bumi pada titik koordinasi 8.30 LS, 116.60 BT. Pusat gempa terjadi di 24 kilometer Timur Laut Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Sedangkan gempa susulan dengan Magnitudo 5,2 memiliki kedalaman 11 kilometer yang berpusat di 7 kilometer Barat Laut Lombok Timur pada titik koordinat 8.51 LS, 116.49 BT. Tidak ada potensi tsunami yang disebabkan oleh kedua gempa tersebut.

Berdasarkan skala MMI (Modified Mercalli Intensity) Gempa Magnitudo 5,8 dirasakan di daerah Karangasem III-IV MMI, Denpasar III MMI, Sumbawa III-IV MMI, Lombok Utara IV MMI, Lombom Timur III-IV MMI, Lombok.Barat III-IV MMI, dan Lombok Tengah III-IV MMI.

Untuk gempa susulan, kekuatan yang dirasakan di beberapa wilayah dalam skala MMI antara lain Lombok Utara III-IV MMI, Lombpk Barat III- IV MMI, Lombok Timur III-IV MMI, Lombok Tengah III-IV MMI, Mataram III-IV MMI, Sumbawa III-IV MMI, Denpasar II MMI, dan Kuta II MMI.

Diharapkan warga untuk tetap tenang dan tidak panik akan guncangan beruntun ini, melainkan selalu waspada dan lebih siap dalam menghadapi gempa apabila terjadi kembali.