26.5 C
Mataram
Kamis, 18 Juli 2024
BerandaBerita UtamaPatung “Speed” Jokowi Sempat Ditentang, Ini Kata Bupati Loteng

Patung “Speed” Jokowi Sempat Ditentang, Ini Kata Bupati Loteng

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Bupati Lombok Tengah (Loteng), H. Lalu Pathul Bahri menanggapi polemik patung “Speed” Presiden Jokowi yang rencananya akan dipasang di pintu masuk Sirkuit Mandalika. Menurutnya, tidak ada persoalan dengan pemasangan patung tersebut.

Hal itu disebut Pathul sesuai dengan hasil rapat yang telah digelar Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) bersama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan juga Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB). “MUI, FKUB hadir semua rapat. Menyampaikan bahwa terhadap patung Jokowi itu tidak ada persoalan,” ujarnya, Kamis (4/3/2022) di Kantor Bupati Loteng.

Bupati yang juga Ketua Pengurus Cabang (PC) NU Kabupaten Lombok Tengah menanggapi terhadap sejumlah pihak yang menolak. Hal itu menurutnya semata-mata perbedaan sudut pandang saja, dan bukan merupakan persoalan. Adapun Pemda sudah menelaah patung tersebut sebagai karya seni dan memberikan keleluasaan terkait dengan pemasangannya.

Diketahui, penolakan atas rencana pemasangan patung karya seniman Nyoman Nuarta tersebut sempat disuarakan beberapa pihak. Akan tetapi, jelas Pathul, keberadaan patung presiden sedang ngebut naik motor tersebut merupakan penghargaan masyarakat Loteng kepada Jokowi sebagai Kepala Negara.

- Advertisement -

Selain itu, keberadaan patung tersebut menurutnya harus lebih dilihat sebagai karya seni. “Karya seni yang ditunjukkan oleh warga Indonesia bahwa presiden itu hadir di Loteng, dan tidak ada persoalan,” katanya.

Dikatakan, patung Jokowi tersebut akan tetap dipasang di Sirkuit Mandalika. Namun, kapan pemasangan akan dilakukan tidak diketahuinya secara pasti. Karena tergantung dari pemerintah pusat. Yang jelas, Pemda Loteng menyebut tidak ada persoalan terkait keberadaan patung tersebut nantinya. (fhr)

- Advertisement -

Berita Populer