Penerbangan Langsung Lombok—Singapura Dibuka Kembali 18 Juni

11
Ilustrasi penerbangan (Image source : Liputan6.com)

Mataram (Inside Lombok) – Rute penerbangan internasional di Bandara Lombok kembali bertambah. Setelah sebelumnya rute Lombok—Kuala Lumpur kembali dibuka 1 Mei kemarin, kini rute Lombok—Singapura siap menyusul Juni mendatang.

“Direct flight (penerbangan langsung) Lombok—Singapura segera buka 18 Juni 2022. Frekuensinya sekali tiap hari, sama seperti AirAsia,” ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi NTB, Lalu Moh. Faozal, Kamis (12/5).

Nantinya, rute penerbangan internasional ini akan dilayani oleh anak perusahaan maskapai penerbangan Singapore Airlines yaitu Scoot. “Mudah-mudahan penambahan pembukaan rute internasional ini akan semakin meningkatkan kunjungan wisatawan ke NTB,” imbuhnya.

Setelah kepastian dua rute direct flight, dari Malaysia dan Singapura, Pemprov NTB masih mengupayakan satu rute lainnya. Yakni dari Perth, Australia ke Lombok. Sebelum pandemi Covid-19, direct flight dari Australia dilayani AirAsia.

“Selain Malaysia dan Singapura, Australia menjadi pasar potensial pariwisata NTB. Australia ini banyak wisatawan mancanegara yang cukup besar ke NTB sebelum pandemi Covid-19,” terang Faozal.

Sementara itu, Stakeholder Relation Manager PT Angkasa Pura I (AP) BIZAM Loteng, Arif Haryanto menerangkan pada momentum arus mudik dan balik lebaran tahun ini untuk rute Lombok—Kuala Lumpur masih sepi penumpang. Penumpang terbanyak diawal pembukaan rute 1 Mei 2022. Di mana, jumlah penumpang yang datang dari Malaysia sebanyak 137 orang, sedangkan penumpang yang berangkat 14 orang.

“Hari-hari berikut berangkat cuma 2 orang, datang 10 orang. Penerbangan internasional masih relatif sedikit,” ujarnya.

Sebagai informasi, maskapai AirAsia melayani penerbangan Kuala Lumpur—Lombok dan sebaliknya setiap hari. AirAsia QZ-462 dari Kuala Lumpur berangkat pukul 08.25 waktu setempat dan tiba di Lombok pukul 11.30 WITA. Sedangkan AirAsia QZ463 berangkat dari Lombok pukul 10.30 WITA dan dijadwalkan tiba di Kuala Lumpur pukul 13.30 waktu setempat. (dpi)