Puluhan Rumah Terendam, Warga Selong Belanak Waspadai Banjir Rob Susulan

Kondisi pemukiman warga di dusun Selong Belanak desa Selong Belanak setelah diterjang banjir rob, Senin (6/12/2021) dini hari. (Inside Lombok/istimewa)

Lombok Tengah (Inside Lombok) – Sekitar 50 rumah warga yang ada di Desa Selong Belanak, Kecamatan Praya Barat direndam banjir rob, Senin (6/12/2021) sekitar pukul 3:00 WITA dini hari.

Kepala Desa Selong Belanak, Lalu Yahya ketika dikonfirmasi Inside Lombok mengatakan banjir rob menggenangi rumah warga setinggi dua meter. Akibatnya, warga yang terdampak telah diminta untuk mengungsi.

“Tapi Alhamdulillah sekarang airnya sudah surut karena tidak turun hujan. Hanya saja, warga masih belum berani kembali ke rumahnya karena takut ada banjir rob susulan,” ujarnya.

Dijelaskan, banjir rob terjadi karena saat itu air laut sedang naik sementara hujan terjadi sepanjang hari. Sehingga air hujan tidak bisa langsung menuju ke laut.

Untuk saat ini, pihaknya bersama warga masih tetap mewaspadai terjadinya banjir rob susulan. Terutama di kampung nelayan yang dekat dengan pesisir pantai.

“Karena kita prediksi akan terjadi lagi. Jadinya malam ini kita tidak akan tidur,”imbuhnya. (irs)