Ratusan Nakes di Lobar Sudah Divaksin Booster Kedua

33
Vaksinasi booster kedua nakes RSUD Tripat Gerung. Selasa (09/08/2022). (Inside Lombok/Ist)

Lombok Barat (Inside Lombok) – Sebanyak 243 orang atau 12 persen tenaga kesehatan (nakes) di Lombok Barat (Lobar) sudah menerima vaksin booster kedua sejak akhir pekan kemarin.

“Vaksin booster kedua nakes sudah berjalan, mulai Sabtu kemarin,” kata Kabid P3KL Dikes Lobar, dr. H. Ahmad Taufik Fathoni saat dikonfirmasi, Selasa (09/08/2022).

Ia mengaku sejauh ini tidak ada penolakan dari para nakes terkait vaksin booster kedua tersebut. Sehingga pelaksanaannya dilakukan secara serentak di seluruh Puskesmas dan rumah sakit di Lobar.

“Tidak ada penolakan dari Nakes, kita vaksinnya saat ini pakai Moderna,” imbuhnya.

Dari data yang dimiliki Dikes Lobar, ada sekitar 2112 Nakes yang akan divaksin booster kedua. Data itu sesuai dengan data vaksin booster pertama. Ada pun syarat booster kedua itu, disebutkan Fathoni, harus berjarak minimal enam bulan dari booster pertama.

Namun saat ini, masih banyak nakes di Lobar yang belum bisa langsung diberikan dosis booster kedua. Lantaran, belum berjarak eman bulan dari booster awal.

“Ini banyak nakes yang kurang dari enam bulan, jadi tidak bisa divaksin (booster kedua) sekarang,” pungkasnya. Jajaran Dikes Lobar pun akan mulai divaksin booster kedua itu pada Rabu (10/08) besok. (yud)