Resmi Diluncurkan, MXGP of Indonesia 2022 Siap Ramaikan Samota

18
Peluncuran MXGP of Indonesia 2022, Kamis (19/5) di Jakarta (Inside Lombok/ist)

Mataram (Inside Lombok) – Perhelatan MXGP of Indonesia 2022 resmi diluncurkan secara nasional, Kamis (19/5) kemarin di Jakarta. Mengambil tempat di Samota Kabupaten Sumbawa pada 24-26 Juni mendatang, jadwal lengkap event motocross dunia tersebut dapat dilihat di laman MXGP.com dan akan disebarluaskan oleh penyelenggara sepekan sebelum acara berlangsung.

“Saya lihat keberhasilan di MotoGP Mandalika kemarin, kita ingin bawa event MXGP ini ke Sumbawa. Dahulu Sumbawa pernah mengguncang dunia lewat gunung Tambora,” ujar Gubernur NTB, Zulkieflimansyah saat jumpa pers MXGP Of Indonesia 2022 di Jakarta.

Menurutnya, dengan digelarnya MXGP maka NTB ingin membuktikan bahwa daerah bisa menggelar event kelas internasional. “Mungkin masih banyak yang meragukan, tapi dengan komitmen Pemerintah Daerah Provinsi NTB dan dukungan IMI (Ikatan Motor Indonesia) yang luar biasa, kami yakin penonton bukan hanya disuguhkan dengan petualangan yang hebat di MXGP, tapi juga akan mendapatkan pengalaman spiritual yang luar biasa,” tambahnya.

Dengan digelarnya MXGP di Samota, ini merupakan gelaran pertama event tersebut di Indonesia setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19. Perjalanan MXGP di Indonesia dimulai tahun 2017 di Pangkal Pinang, Provinsi Bangka Belitung, dan terakhir dilaksanakan 2019 lalu di Palembang dan Semarang.

MXGP dinilai menjadi tolok ukur olahraga motocross di Indonesia, dengan animo pembalap yang semakin besar dan minat penonton yang terus bertambah setiap tahunnya. Sumbawa sebagai tuan rumah penyelenggaraan MXGP of Indonesia 2022 giat mempersiapkan diri dari sisi fasilitas infrastruktur maupun logistik, dengan dukungan penuh dari para stakeholders penyelenggara, masyarakat Sumbawa dan penggiat otomotif di Indonesia.

Alasan pemilihan lokasi di Samota Sumbawa karena daerah ini merupakan integrasi dari tiga kawasan indah yang cukup populer di dunia; Saleh, Moyo, Tambora. MXGP diharapkan menjadi entry point untuk Samota agar dapat lebih dikenal dunia.

Rombongan MXGP akan tiba di Indonesia sepekan sebelum acara berlangsung dan pembangunan sirkuit di Samota dijadwalkan selesai awal Juni 2022, diikuti persiapan logistik balap dan beragam acara pendukung.

Ketua Umum IMI sekaligus Pengawas Pelaksana Racing Committee, Bambang Soesatyo menyebut kegiatan otomotif semakin meningkat ketika Mandalika sukses mendorong pergerakan ekonomi dengan berbagai event yang digelar. Bukan hanya kegiatan ekonomi, tetapi promosi pariwisata juga menjangkau hampir seluruh dunia.

“Sebanyak 1,6 miliar mata dunia tertuju ke Mandalika, dan kita berharap nanti saat kegiatan MXGP di Samota Sumbawa juga begitu,” ungkap Bamsoet, sapaan akrabnya, saat konferensi pers MXGP of Indonesia 2022 di Roket Motor Indonesia.

Persiapan perhelatan dimulai awal 2022 oleh STI sebagai kontraktor MXGP of Indonesia dengan Infront selaku pemegang hak pelaksanaan MXGP di dunia. Sumbawa menjadi pilihan utama dengan daya tarik keindahan alam dan sumber daya yang disiapkan selama empat bulan terakhir, dengan SEG sebagai pelaksana persiapan di lapangan.

Penyelenggara menargetkan 75.000 orang penonton menghadiri perhelatan selama tiga hari di Samota dengan beragam acara pendukung MXGP of Indonesia 2022. Tiket akan dijual dengan berbagai pilihan yang akan diumumkan pekan depan. (r)