Tingkatkan Nilai Ekonomi, Ibu-Ibu Desa Malaka Belajar Buat Minyak Kelapa Tanpa Digoreng

881
pembuatan minyak kelapa tanpa digoreng di Desa Malaka (Inside Lombok/ist)

Lombok Utara (Inside Lombok) – Ibu-ibu di Dusun Teluk Kodek, Desa Malaka, Kabupaten Lombok Utara (KLU) belajar membuat minyak kelapa tanpa digoreng yang bisa awet hingga 3 tahun penyimpanan. Pengetahuan untuk meningkatkan nilai produk olahan buah kelapa ini diharapkan bisa menghidupkan kembali kelompok UMKM yang hampir punah di desa tersebut.

Pelatihan membuat minyak kelapa tanpa digoreng tersebut difasilitasi oleh Kelompok KKP UIN Mataram. Tujuannya untuk mendukung peningkatan perekonomian di Desa Malaka sendiri, dengan misi utama membangun kewirausahaan mandiri berbasis moderasi beragama di era 4.0.

Ketua Pembina UMKM Kepala dan VCO, Zulhadi menyebut praktik pembuatan minyak goreng dengan tanpa dimasak atau digoreng dimulai dengan pemisahan santan pada kelapa yang sudah dicuci bersih.

“Dalam pemerasan kelapa yang pertama, di mana dalam proses ini didiamkan selama 1 jam kurang yang kemudian dilakukan penyaringan yang kedua dan didiamkan selama lebih dari 8 jam,” ujarnya.

Agar mendapatkan hasil yang lebih baik, perasan santan kelapa sebaiknya didiamkan selama satu hari agar minyak yang dihasilkan lebih memuaskan. “Setelah beberapa proses yang telah dilakukan maka sampailah pada proses terakhir, yakni penyaringan yang ketiga antara santan kelapa dengan minyak kelapa yang telah terbentuk (difermentasikan),” jelasnya.

Pembuatan minyak kelapa tanpa digoreng ini pun diakui tepat digarap di Dusun Teluk Kodek, mengingat potensi buah kelapa yang banyak tersedia di sana. Ke depan, peningkatan nilai sumber daya masyarakat diharapkan terus terjadi, sehingga perputaran ekonomi bisa berjalan lebih positif.

Khusus untuk kelapa, olahan turunannya diakui ada banyak. Tidak hanya sebagai minyak goreng, buah kelapa juga bisa diolah menjadi sabun, sampo, dan lain-lain sebagainya. Sehingga peluang masyarakat Dusun Teluk Kodek untuk mengembangkan olahan buah kelapa terbuka lebar. (r)